Sukses

Tegang, Penyelamatan Seekor Buaya 10 Ton yang Terjebak di Got

Sayang, usaha penyelamatan selama 10 jam itu sia-sia. Reptil seberat satu ton itu mati beberapa jam kemudian.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah rekaman video yang beredar di media sosial membuat netizen geger sekaligus takjub. Dalam video tersebut, terekam petugas pemadam kebakaran yang menyelamatkan buaya sepanjang tujuh meter dari saluran pembuangan.

Sayang, usaha penyelamatan selama 10 jam itu sia-sia. Reptil seberat satu ton itu mati beberapa jam kemudian.

Entah bagaimana, buaya itu terjebak di bendungan pasang surut di Kapar, Malaysia pada tengah malam. Pasukan pemadam kebakaran diterjunkan malam itu juga dan berjuang membebaskan binatang itu.

Mereka akhirnya berhasil menarik buaya itu keluar keesokan harinya, tapi buaya itu mati beberapa jam kemudian. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Zaidi Ahtan mengaku bahwa itu adalah reptil terbesar yang pernah mereka selamatkan.

"Kami harus menggunakan rantai dan alat khusus lainnya untuk menariknya ke atas. Kami juga menutupi matanya sepanjang proses penyelamatan agar dia tak agresif," kata Zaidi seperti dilansir dari Viral Press.

Ia mengaku proses penyelamatan tersebut cukup sulit karena dilakukan di celah sempit dan dalam. Hewan itu akhirnya berhasil ditarik keluar dan diletakkan di tanah sambil menahan rahang dan tungkai dengan cara diikat.

Petugas penyelamat menyiramnya dengan air dari selang agar tubuh buaya itu tetap sejuk, tapi hewan itu mati dua jam kemudian. Dokter hewan kemudian bekerja untuk melakukan pemeriksaan post mortem hewan tersebut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.