Sukses

5 Daerah di Indonesia yang Terkenal dengan Budaya Pasang Susuknya

Di Indonesia, ritual semacam itu banyak ditemukan di berbagai tempat. Namun, lima daerah ini dikenal paling manjur dalam memasang susuk.

Liputan6.com, Jakarta Susuk adalah sebuah ritual memasukkan sebuah benda ke dalam tubuh manusia. Biasanya benda itu berupa logam mulia seperti emas, hingga berlian dan juga bunga. Seseorang melakukan ritual ini untuk mendapatkan manfaat tertentu semisal memberikan pesona, memiliki perkataan yang mudah dituruti hingga memperoleh kekebalan tubuh.

Susuk tergolong ritual atau aktivitas yang melibatkan hal-hal berbau mistik. Terlebih cara memasukkan bendanya juga sangat ajaib bahkan tanpa membuat kulit luka. Dalam beberapa hal, susuk juga berhubungan dengan makhluk halus yang diwujudkan benda lalu dimasukkan ke dalam tubuh manusia.

Di Indonesia, ritual-ritual semacam ini banyak ditemukan di berbagai tempat. Namun, lima daerah ini dikenal paling manjur dalam susuk ke tubuh manusia.

1. Susuk dari Kalimantan

 Susuk bukanlah hal baru bagi suku-suku yang ada di Kalimantan. Mereka sudah sejak lama percaya dengan hal-hal berbau mistik mulai dari praktik sihir seperti dukun hingga susuk. Di Kalimantan, susuk banyak dipasangkan kepada wanita yang menginginkan pesona dalam dirinya. Biasanya jenis susuk pemikat akan dimasukkan ke dalam bentuk jarum tipis terbuat dari emas atau berlian.

Selain digunakan untuk memberi pesona. Susuk juga digunakan untuk membangun rumah atau memberi penglarisan saat berdagang. Susuk seperti berlian sering dipasang pada pasak agar menjadi kuat dan orang jadi nyaman untuk tinggal. Sementara itu susuk emas juga dipasang pada pintu toko untuk mendatangkan banyak rezeki.

Selengkapnya

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini