Sukses

Tips Liburan Murah Jakarta-Lombok ala Mahasiswa

Oleh karena itu, banyak agen travel yang menawarkan paket wisata ke Lombok. Namun harga yang ditawarkan masih terbilang mahal

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Lombok, salah satu pulau di timur Indonesia yang semakin tersohor karena keelokan alamnya. Pulau ini selalu mampu memikat wisatawan asing maupun lokal .

Oleh karena itu, banyak agen travel yang menawarkan paket wisata ke Lombok. Namun harga yang ditawarkan masih terbilang mahal apalagi untuk mahasiswa.

Namun tak perlu khawatir, bagi kalian yang mempunyai budget minim dan ingin ke Lombok, kalian bisa mencoba backpackeran ala mahasiswa. Dengan biaya sekitar Rp. 206.000,00  kalian sudah bisa sampai di Pulau Lombok. Transportasi yang digunakan pun beraneka ragam mulai dari kereta,ojek sampai dengan kapal.

Berikut tips liburan murah Jakarta Lombok ala mahasiswa:

Pertama, kamu bisa naik kereta dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Surabaya, Gubeng. Waktu tempuh sekitar 12 jam dengan biaya Rp 104.000 ribu.

Setelah itu, dari Stasiun Surabaya, Gubeng menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak. Kamu bisa menggunakan ojek online, sekitar Rp 15.000.

Terakhir,  berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju Pelabuhan Lembar di Lombok, membutuhkan waktu tempuh 24 jam dengan biaya Rp 87.000. Dari perincian biaya di atas, dapat disimpulkan total jarak tempuh antara Jakarta-Lombok sekitar 2 hari.

Setibanya di Lombok lebih baik kamu memilih menginap di rumah warga daripada di hotel. Karena biaya akan jauh lebih murah. Di samping itu kalian juga bisa lebih mendekatkan diri dengan warga sekitar.

Untuk destinasi wisata menarik namun murah, kalian dapat mengunjungi Desa Sembalun. Desa  Sembalun merupakan desa yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani. Bagi kalian yang senang mendaki, Gunung Rinjani adalah wisata yang pas untuk dicoba.

Rinjani merupakan salah satu gunung yang masuk dalam 7 Summit Indonesia. Untuk mencapai puncak Rinjani, kalian hanya cukup mengeluarkan biaya 5000/hari.

Selain Sembalun, terdapat pula Desa Senaru. Desa yang berada tepat di pintu turun pendakian Rinjani. Begitu  sampai di desa ini kalian akan di sambut dengan air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile. Air terjun ini cukup digemari bagi para pendaki. Untuk sampai ke Tiu kelep kalian cukup Merogoh kocek Rp 10.000/orang.

Jika kalian tertarik mencoba backpacker murah ala mahasiswa, kalian bisa  mencoba saat libur panjang dan mengajak keluarga tercinta atau teman-teman terdekat.

Penulis:

Fatricia Risti Wulanda
Universitas Moestopo

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini