Miris, Lansia Dibiarkan Terkapar Tanpa Ada Anak yang Merawat

Oleh Sulung Lahitani Mardinata pada 19 Mei 2017, 15:50 WIB
Miris, Lansia Dibiarkan Terkapar Tanpa Anak yang Mau Merawat

Liputan6.com, Jakarta - Seorang lansia berusia 80 tahun terbaring di tempat tidur sendirian selama lebih dari satu bulan tanpa ada yang merawatnya. Zhang Luanmei jatuh dan mengalami cedera kepala pada awal April di rumahnya di Shantou, Provinsi Guangdong.

Suaminya meninggal beberapa waktu yang lalu dan tidak satu pun dari keempat anaknya yang tinggal bersamanya. Sejak saat itu, Zhang pun tinggal sendirian dan mengemis di jalan selama bertahun-tahun.

Tak ada satu pun dari dua pasang anaknya yang datang menjenguknya. Selama terbaring di tempat tidur, ia bergantung pada dirinya sendiri dan kadang diberi bantuan oleh tetangga atau orang baik hati lainnya.

Menurut South China Morning, setelah pemberitaan akan Zhang merebak, barulah salah seorang anak perempuannya yang lebih muda datang berkunjung. Ia kembali dari bekerja di kota lain dan mengirim Zhang ke rumah sakit.

Anak perempuan tersebut mengatakan bahwa sebenarnya kakak yang paling tua tinggal di kota yang sama dengan si ibu. Namun, si anak sulung menolak permintaan untuk merawat ibunya.

"Ia tak datang untuk menemui ibu di rumah dan tidak memberinya uang. Ia bilang ia menderita hipertensi dan tak bisa datang. Menurutnya, bukan masalah besar jika ibu meninggal," kata si bungsu.

Sang putri berharap saudara-saudaranya yang lain akan bergantian menjaga ibu mereka, sebab ia pun harus bekerja. Warga Tiongkok sering dikritik karena ketidakpedulian mereka pada lansia. Sebelumnya, seorang anak menolak merawat ibunya yang sakit karena tak diberi pembagian tunjangan pensiun.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6