Sukses

Ini Alasan Makin Tua Anda Makin Sulit untuk Tidur

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa tidak bisa tidur itulah yang membuat kita menua.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, banyak orang yang mengalami kesulitan tidur. Tapi sebuah studi baru menunjukkan bahwa tidak bisa tidur itulah yang membuat kita menua.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuron bulan ini, para periset menemukan bahwa insomnia terjadi karena mekanisme tertentu pada otak berubah seiring bertambahnya usia seseorang.

Penulis utama studi Matthew Walker, kepala laboratorim tidur dan neuroimaging di Universitas California, mengatakan bahwa tidur adalah akibat hilangnya koneksi neuron di otak yang menangkap isyarat tubuh. Dalam percobaan yang membandingkan jumlah dan jenis sinyal kimia yang terlibat dalam tidur pada tikus muda sampai yang lebih tua, ahli saraf menemukan bahwa sinyal kimia tersebut tak memandang usia.

Masalahnya, reseptor di otak yang menerima sinyal tersebut menurun seiring bertambahnya usia. Itu berarti, otak yang menua memiliki isyarat tidur yang sama tapi tak mampu menangkap isyarat tersebut.

"Ini hampir seperti antena radio yang lemah. Sinyal ada di sana, tapi antena tak bisa mengambilnya," ujar Walker seperti dikutip dari Huffingtonpost.

Sementara insomnia adalah konsekuensi penuaan, tidur yang tidak cukup sebenarnya bisa jadi penyebab penuaan itu sendiri. Para ilmuwan bahkan telah menemukan hubungan kausal antara kekurangan tidur dan penyakit kardiovaskular, diabetes, dan obesitas.

Sleep Foundations mengatakan bahwa orang tua membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur semalam, jumlah yang sama dengan remaja yang tumbuh. Tapi mereka tidak mendapatkannya.

National Institute on Aging malah menemukan bahwa 13 persen pria dan 36 persen wanita di atas usia 65 tahun butuh waktu lebih dari 30 menit untuk tertidur. Mereka juga jarang bisa tidur nyenyak dan lebih sering bangun di tengah malam.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.