Sukses

Cara Mudah Mengecek Keaslian Smartphone Tanpa Dibongkar

Beberapa smartphone Android palsu dibekali dengan spesifikasi yang jauh berbeda dengan smartphone asli.

Liputan6.com, Jakarta - Karena merupakan sistem operasi open source, banyak vendor dengan mudah dan leluasa mengembangkan smartphone Android. Dampaknya, pilihan smartphone Android semakin beragam. Bahkan tidak sedikit pihak tidak bertanggung jawab membuat smartphone tiruan yang murah.

Nah, kamu nggak mau kan mengeluarkan uang tapi dapatnya barang palsu? Rugi dong. 

Biasanya pihak tidak bertanggung jawab menjualnya dengan embel-embel smartphone black market yang didatangkan dari Batam. Tapi apakah demikian? Beberapa smartphone Android palsu dibekali dengan spesifikasi yang jauh berbeda dengan smartphone asli. Yuk, cek keaslian smartphone yang kamu beli tanpa membongkarnya!

1. Download AIDA

Untuk memeriksa keaslian smartphone, kamu bisa terlebih dahulu men-download aplikasi AIDA begitu smartphone kamu terhubung dengan internet. Setelah data di AIDA muncul, segera samakan spesifikasi yang muncul di smartphone dengan spesifikasi resmi smartphone terkait di website resminya atau di situs lain yang terpercaya.

Jika ternyata spesifikasinya tidak sesuai, kamu berhak untuk mengembalikan barang tersebut kepada penjual. Toh, kamu tidak mendapatkan spesifikasi yang tidak sesuai, kan? Memang tidak bisa dipungkiri, kita membeli smartphone karena terbuai dengan spesifikasi yang ditawarkan, bukan hanya harga.

2. Cek Charger Dengan Ampere

Tanpa harus membongkar dalaman charger, kamu bisa mengetahui keaslian charger smartphone dengan mudah. Caranya, install aplikasi Ampere. Aplikasi ini akan mengukur besaran arus yang dikeluarkan dari charger kamu. Jika ternyata arusnya sangat lemah, jelas charger-nya palsu. Dan jika charger palsu, smartphone kamu besar kemungkinan juga palsu.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini