Sukses

10 Kebiasaan yang Bisa Bikin Gadget Kamu Cepat Rusak

Caramu menggunakan gadget biasanya berdasarkan kenyamanan, tapi apakah caramu menggunakan gadget tersebut sudah benar?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sih yang tidak memiliki gadget khusus untuk mempermudah hidup? Ngaku deh, kamu punya smartphone, tablet atau laptop kan di rumah? Dan bukan tidak mungkin salah satunya telah menjadi gadget andalan kamu dalam beraktivitas.

Saking seringnya digunakan, bukan tidak mungkin gadget itu kamu bawa ke mana-mana dan tidak bisa terpisahkan. Nah, supaya gadget kesayangan kamu bisa awet, butuh perlakuan khusus dan jangan sampai salah selama menggunakannya.

Caramu menggunakan gadget biasanya berdasarkan kenyamanan, tapi apakah caramu menggunakan gadget tersebut sudah benar? Karena jika tidak, yang ada justru gadget milikmu jadi cepat rusak. Seperti kegiatan-kegiatan yang bisa merusak gadget berikut ini:

1. Ngecas Baterai Setelah Habis Total

Agar awet, jangan biarkan baterai smartphone-mu habis total, tapi isi ulang saat berada pada level 10-20%. Proses isi ulang yang dimulai dari 0% akan memakan waktu lebih lama. Selain itu baterai yang dibiarkan habis total juga berisiko kehabisan daya lebih cepat karena aus. Dan jangan sering-sering mengisi ulang baterai lewat laptop.

2. Sering Dicas Semalaman

Rata-rata smartphone dan gadget lainnya telah dibekali teknologi canggih yang akan membuat aliran listrik berhenti saat baterai penuh. Tapi bukan berarti ini 100% aman bagi baterai. Akan lebih baik jika kamu cabut baterai saat indikator pengisian telah mencapai 90%, tidak harus menunggu 100%.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini