Sukses

Peristiwa Langka, Ular Piton Serang Hiena Dewasa

Ular piton yang memangsa hiena dewasa merupakan peristiwa yang sangat jarang terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang turis di sebuah cagar alam Kenya menangkap rekaman langka saat ular piton menelan mangsa yang tidak biasa: seekor hiena dewasa.

Josh Bakker, desainer web Belanda, adalah orang yang pertama kali mengunggah video tersebut ke Youtube. Peristiwa tersebut terjadi pada 01 Maret 2017 di sisi jalan Cagar Alam Masai Mara.

Josh beserta pemandunya pun kemudian melaporkan apa yang mereka lihat pada pengurus cagar alam. Asisten peneliti Mike Kowalski dan Olivia Spagnuolo dikirim untuk melihat apakah benar yang dilihat oleh Josh dan temannya.

Kedua orang itu selanjutnya melaporkan kalau mereka menemukan ular tersebut dan apa yang dilaporkan oleh Josh adalah benar adanya. Menurut Mike dan Olivia, piton sangat jarang menyerang mangsa yang dengan mudah bisa menghancurkan tengkoraknya.

"Setahu saya, hal yang seperti ini belum pernah terdokumentasi sebelumnya," kata Mike seperti dilansir dari UPI, Selasa (21/03/2017).

Source: Extraordinary Footage Shows Python Eating Hyena by Storyful on Rumble

 

Mike menjelaskan kalau seekor karnivora yang berukuran lebih besar, seharusnya bisa membunuh piton tersebut dalam sekejap. Karena itu, piton lebih sering terdengar menyerang anak singa/macan/hiena ketimbang yang dewasa.

Dengan kata lain, piton yang menyerang hiena tersebut pastilah ular yang benar-benar tangkas dan kuat. Sebab, jika si piton tidak segera menyerang bagian leher dan dada hiena untuk melumpuhkan kepalanya, alih-alih memangsa tengkorak si piton pasti telah hancur oleh hiena tersebut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini