Sukses

Cegah Pencurian Tisu Toilet, Kuil Ini Pasang Alat Pengenal Wajah

Sebuah kuil di Tiongkok, memilih memasang mesin pengenal wajah di kotak tisu toilet untuk mencegah pencurian.

Liputan6.com, Tiongkok - Dalam upaya untuk mencegah pencurian, toilet umum di Kuil of Heaven di Beijing, Tiongkok, baru-baru ini telah dilengkapi teknologi canggih untuk setiap pengunjung yang akan mengambil tisu toilet.

Kuil tersebut memang telah memasang sebuah alat pengenalan wajah yang ditempatkan pada kotak tisu di tiga toilet di dalam taman kuil.

Dilansir Shanghaiist, Selasa (21/3/2017), pemasangan teknologi canggih itu bermula ketika penjaga kuil mendapati penduduk setempat sering mengunjungi toilet kuil untuk mengambil tisu toilet yang akan mereka bawa pulang. Hal itu yang menyebabkan lebih dari 30 gulungan tisu toilet bisa dihabiskan setiap harinya.

Jika pengunjung ingin mendapatkan tisu, mereka harus melepaskan aksesoris seperti kacamata dan topi mereka agar wajah mereka bisa dipindai oleh kamera canggih pada kotak tisu. Setelah itu, mesin yang terpasang di dinding akan mengeluarkan tisu sepanjang 60 cm.

dok: shanghaiist.com

Pihak berwenang mengatakan jika sistem tersebut dapat mengingat wajah, dan setiap individu hanya akan mendapat tisu toilet sekali setiap sembilan menit.

dok: shanghaiist.com

Mereka juga menekankan jika sistem tersebut masih dalam percobaan selama dua minggu. Jika banyak pengunjung tak suka, itu akan dipertimbangkan kembali.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini