Sukses

Berbobot 500 Kg, Wanita Terberat Dunia Turun 30 Kg dalam 5 Hari

Sebelum menjalani operasi bariatrik, wanita terberat di dunia berhasil mengurangi bobot tubuhnya sebanyak 30 kg dalam 5 hari.

Liputan6.com, India - Seorang perempuan tergemuk di dunia baru-baru ini berhasil menurunkan bobot tubuhnya untuk menyelamatkan hidupnya dengan menjalani operasi.

Perempuan bernama Eman Ahmed Abd El Aty ini selama 25 tahun tidak beranjak dari tempat tidur di rumahnya karena bobot tubuhnya yang mencapai 500 kg membuatnya tidak mampu untuk melakukan apa pun.

Dilansir Metro, Senin (20/2/2017), kondisi memprihatinkan tersebut yang membuatnya diterbangkan dari Mesir ke India untuk menjalani operasi di Rumah Sakit Saifee, Mumbai, India.

Sebelum menjalani operasi, dokter terlebih dahulu memintanya untuk melakukan diet cair dan asupan kalori secara ketat. Hal tersebut ternyata berhasil membuatnya kehilangan bobot tubuh sebanyak 30 kg dalam waktu lima hari.

Awalnya, Eman didiagnosis menderita kaki gajah sehingga membuat tubuhnya mengalami pembengkakan. Namun setelah ia mengidap stroke, ia terpaksa terbaring di tempat tidur hingga menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, hipertensi dan sleep apnea atau gangguan tidur parah.

Eman Ahmed Abd El Aty/dok: metro.co.uk

Namun, untuk melakukan operasi bariatrik, Eman harus menjalani prosedur pengurangan berat badan sehingga ia bisa muat di meja operasi.

"Kita perlu melakukan operasi padanya. Tapi masalahnya lebar lift hanya 141 cm, sedangkan tubuh Eman memiliki lebar 151 cm," kata dokter bedah bariatrik, Dr Muffazal Lakdawala kepada The Indian Express.

Eman saat ini tengah menjalani dua sesi fisioterapi dalam sehari. Terapi tersebut membuatnya kini mampu mengangkat tubuhnya lebih tinggi dan merasakan tidur lebih baik.

Dokter berharap secepatnya kondisi Eman bisa membaik dengan menjalani operasi bariatrik dalam waktu beberapa minggu mendatang.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini