Sukses

Inilah 6 Tipe Unik para Pemilih di Pilkada 2017

Sebagai pemilih, tentu Anda pastinya sudah siap dengan pilihan masing-masing untuk memimpin daerah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan kepala daerah sudah di depan mata. Tepat hari Rabu, 15 Februari, Indonesia akan melaksanakannya serempak untuk beberapa daerah. Sebagai pemilih, tentu Anda pastinya sudah siap dengan pilihan masing masing untuk menentukan pemimpin daerah Anda.

Tapi tiap pemilih tentu memiliki gaya berbeda dalam mengikuti Pilkada ini. Apa saja perbedaan tiap pemilih itu?.

1. Pendukung Lewat Medsos

Orang ini bagaikan tim sukses yang mungkin tidak terdata resmi di tim pemenangan salah satu calon. Bahkan mungkin dia juga tidak berada di wilayah terkait diadakannya Pilkada. Tapi dia memperjuangkan paslon yang dia suka melalui medsos, dengan cara memposting kebaikan paslon yang dia dukung, atau bahkan berperang di kolom komentar demi paslon dukungannya.

2. Pilih salah satu atau tidak sama sekali

Orang tipe seperti ini terlihat begitu ekstrim. Dia hanya ingin memilih paslon dengan standar yang ia ciptakan sendiri. Dia terus mencari tahu tentang paslon. Tapi di saat dia tak menemukan kriterianya dia lebih memilih untuk golput.

3. Sekali benci, tetap benci

Biasanya orang dengan tipe ini, sebenarnya tidak tahu paslon mana yang akan dia dukung. Tapi dia memiliki paslon yang dia benci. Dengan begitu biasanya dia terus menjelek jelekan paslon yang dia benci. Mulai dari komentar pedas di medsos, hingga bercerita dengan teman temannya tentang keburukan salah satu paslon yang dia benci.

4. Lebih memilih berdoa

Orang dengan tipe ini, biasanya tidak tahu siapa yang akan dia pilih. Tapi dia akan tetap memilih salah satu paslon pada Pilkada. Baginya Pilkada hanya formalitas, itu semua karna dia berfikir satu suaranya tidak berpengaruh banyak. Selebihnya dia berharap, Tuhan yang akan berikan yang terbaik.

5. Emang hari ini libur kenapa ?

Walaupun sudah panas dari jauh jauh hari, dan sudah banyak pemberitahuan hingga sosialisasi masalah Pilkada, pasti masih ada saja pemilih, yang tidak tahu kapan dilaksanakannya Pilkada. Dan akhirnya hanya jadi pertanyaan baginya, hari ini tanggal merah ada apa ya?.

6. Cinta mati dimanapun berada

Jika di point nomer 1 dia berjuang dari medsos, orang dengan tipe nomer 6 ini lebih terlihat nyata aksinya di lapangan. Dia adalah orang yang berada di tengah-tengah kerumunan menunjukkan kontribusinya dalam kampanye paslon yang bersangkutan.

Seperti apapun tipe anda dan orang sekitar Anda, yang terpenting adalah saling bertoleransi dan mensukseskan Pilkada nantinya.

Penulis:

Ilham Pratama

Mahasiswa Universitas Moestopo

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini