Sukses

Tak Disangka, 13 Hal Sepele Ini Ternyata Berbahaya bagi Kesehatan

Ada beberapa hal yang seringkali kita anggap remeh, ternyata berbahaya bagi kesehatan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bulan belakangan ini gigi saya suka ngilu kalau cicip sedikit saja es krim dan menggigit makanan yang agak keras. Serius ini mengganggu. Setelah saya runutkan, selama ini saya rajin gosok gigi sebelum tidur, nah kebiasaan ini saya tinggalkan beberapa bulan belakangan ini. Dan nggak hanya itu, saya pun mengganti merk pasta gigi, ini berpengaruh juga ternyata. Well, ternyata hal sepele yang berbahaya bagi kesehatan itu kerap terjadi setiap hari dan tanpa kita sadari.

Seringkali kita tidak peduli, ya, terhadap hal-hal sepele kayak yang saya lakukan, nanti sudah mengerang sakit baru peduli! Ada nggak yang seperti saya? Nah, rupanya ada beberapa hal-hal sepele lain yang berbahaya bagi kesehatan yang sering luput dari perhatian kita.

13 Hal sepele yang berbahaya bagi kesehatan ini mungkin sudah kamu alami hanya saja tidak diperhatikan.

1. Menggunakan hand dryer

Menurut sejumlah peneliti, mengeringkan tangan dengan menggunakan hand dryer (alat pengering tangan) justru bisa mengundang kuman penyakit menempel pada tangan. Pasalnya, pada alat tersebut justru menyediakan lingkungan hangat yang disukai bakteri untuk berkembang biak.

Ketika diaktikan, alat pengering tangan bisa mengembuskan kuman ke seluruh telapak tangan, sehingga malah membuatnya lebih kotor dibanding sebelum dicuci.

Solusi :

Jadi, untuk mengeringkan tangan, sebaiknya menggunakan tisu atau handuk kecil. Nah, kalau nggak ada dua-duanya? Kibas-kibaskan saja tanganmu hingga kering sendiri.

2. Menyiram toilet umum

Tahu nggak, proses penularan penyakit seringkali terjadi di toilet umum? Hmmm…

Mulai dari penyakit diare hingga sakit flu. Ini disebabkan, selama penggunaan normal, terbentuk lapisan tipis di bawah dan di atas garis air toilet yang disebut biofilm. Lapisan ini terbentuk dari bakteri dan menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Setiap kali toilet disiram, terbentuk semacam kabut tipis di udara yang melontarkan kuman-kuman ke udara. Walau tutup toilet diturunkan ketika menyiram, namun kuman tersebut tetap menyebar pada udara di atas toilet, kira-kira setinggi kepala manusia.

Solusi :

Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau sapu tangan saat menyiram toilet. Jangan lupa mencuci tangan setelahnya.

Selengkapnya, baca langsung di sini

Pengirim: Rani Affandi

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini