Sukses

5 Cara Hilangkan Kutu Rambut dan Mencegahnya Datang Kembali

Cara ini dapat hilangkan kutu rambut secara alami.

Liputan6.com, Jakarta - Kutu rambut merupakan organisme parasit yang hidup di kepala manusia dengan menghisap darah. Apabila baru menetas, telurnya berbentuk seperti biji wijen dengan ukuran yang sangat kecil menempel pada helaian rambut. 

Telur kutu akan menetas dalam waktu delapan hingga sembilan hari. Kutu memiliki masa hidup dari menetas hingga mati selama 40 hari. Jika terdapat kutu di rambut, orang akan merasakan gatal seperti halnya gatal yang disebabkan oleh ketombe.

Rasa gatal yang ada pada kepala bukanlah dari akibat gigitan kutu rambut melainkan reaksi alergi kulit terhadap parasit yang hidup di kulit. Namun jika kulit tidak alergi terhadap kutu rambut maka rasa gatal tidak akan dirasakan.

Seseorang yang rambutnya berkutu bisa menularkan kutu rambut tersebut pada orang-orang terdekatnya. Gunakanlah sisir serit untuk mendeteksi ada tidaknya keberadaan kutu rambut. Berikut akan kami bagikan bagaimana cara menghilangkan kutu rambut dan mencegahnya.

1. Almond

Almond adalah bahan alami yang dapat menghilangkan kutu rambut dengan ampuh. Caranya dengan merendam 10 biji almond semalaman. Keesokan harinya, kupas almond dari kulit arinya dan tumbuk sampai halus. Tambahkan air perasan lemon setelah itu oleskan seperti menggunakan hair mask.

2. Alkohol

Kandungan senyawa isopropyl sangat efektif menghilangkan kutu rambut. Tuangkan alkohol dengan kadar 70% dalam sebuah baskom secukupnya. Setelah itu oleskan alkohol tersebut pada kulit kepala secara merata. Diamkan dahulu hingga 30 menit. Setelah itu sisir rambut menggunakan sisir serit lalu bilaslah rambut dengan air dingin untuk menghilangkan alkohol.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.