Sukses

Ilmuwan Akan Bangkitkan Kembali Harimau yang Telah Punah

Para ilmuwan berencana membangkitkan kembali Harimau Kaspia yang telah punah. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - [Harimau](2652450/ "") Kaspia (Panthera tirgris virgata) adalah subspesies harimau yang punah pada tahun 1960-an. Harimau Kaspia dewasa dapat tumbuh hingga berbobot 136 kg. Hal ini menjadikannya spesies kucing terbesar yang pernah hidup.

Namun, sebuah studi baru dalam jurnal Biological Conservation menunjukkan mereka dapat membangkitkan lagi harimau tersebut dari kematian. Semua berkat subspesies harimau lain yang ditemukan di tempat misterius di Rusia.

Sebuah tim peneliti internasional yang sebagian didanai oleh World Wildlife Fund (WWF) memiliki rencana ambisius untuk menangkap beberapa ekor harimau yang secara genetik serupa dan memperkenalkan mereka ke Asia Tengah. Akan tetapi, masih diperlukan banyak penelitian untuk mewujudkan hal tersebut.

Sebelum punah, Harimau Kaspia dapat ditemukan di negara-negara jajahan Rusia, Mongolia, Kazakhstan, China, Afghanistan, dan beberapa negara Asia Tengah lainnya. Hutan yang dikonversi menjadi lahan pertanian, mangsa yang menipis, serta perburuan secara berlebihan untuk olahraga membuat mereka punah.

Anehnya, analisis genetik kontemporer subspesies harimau lain yang ditemukan di Rusia, mengungkapkan dua subspesies telah menyimpang dari satu nenek moyang mereka. Untuk itulah, dalam rangka berusaha membangkitkan lagi harimau yang telah punah dengan DNA harimau yang serupa, sebuah lahan disiapkan.

Lahan di Kazakhstan tersebut dapat mendukung populasi 100 harimau dalam 50 tahun ke depan. Proyek tersebut bahkan telah mendapat lampu hijau dari pemerintah setempat.

Hewan-hewan yang biasa menjadi mangsa harimau, seperti babi hutan dan rusa, juga akan dilepaskan di daerah tersebut. Banyak yang harus dilakukan namun bisa hal itu secara efektif bisa membangkitkan kembali harimau Kaspia dari kematian, kenapa tidak?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.