Sukses

Bila Perang Nuklir Terjadi, ke Mana Kita Harus Sembunyi?

Di mana tempat paling aman untuk bersembunyi bila bom nuklir meledak akibat perang?

Liputan6.com, Jakarta - Di mana tempat paling aman untuk bersembunyi bila bom nuklir meledak akibat perang?

Dengan semakin santernya isu Perang Dunia III, pembuatan bungker persembunyian menjadi bisnis yang menjanjikan. Sayangnya, bungker demikian ditargetkan hanya bagi mereka yang super kaya.

Lebih dari setengah populasi dunia tinggal di bagian utara bumi. Jika bom hidrogen dijatuhkan, ledakannya akan menghancurkan segala sesuatu di radius 16 km.

Setelah bangunan musnah akibat gelombang kejut, kulit manusia yang berada di zona tersebut akan meleleh, pohon-pohon terbakar, dan mereka yang selamat teracuni oleh radioaktiv selamanya.

Lalu, ke mana kita harus kabur?

Menurut pengguna Quora, belahan bumi utara adalah bagian bumi yang paling rawan perang. Mereka sepakat bahwa Rusia, Amerika, dan negara-negara Eropa lainnya kelak akan menjadi medan perang radioaktif. Orang-orang yang mungkin selamat, akan bertempur terus-menerus untuk bertahan hidup.

Namun, mereka juga setuju bumi belahan selatan bisa menjadi tempat yang layak huni untuk berlindung saat perang nuklir terjadi. Sebut saja Selandia Baru.

Jaraknya yang jauh tak akan terjangkau oleh nuklir yang meledak di bumi bagian utara. Terlebih, tak ada yang akan memperebutkan tempat tersebut karena minim kepentingan strategis.

Peter Baskerville, seorang guru dan salah satu penulis top di Quora mengatakan pulau-pulau di selatan bumi kayak dipertimbangkan. Pulau-pulau di belahan bumi selatan memiliki pasokan air bersih yang mencukupi serta jumlah populasi yang tak terlalu banyak.

Sementara menurut Guardian, Pulau Paskah adalah salah satu tempat paling aman di muka bumi. Letaknya di Pasifik Selatan serta 3.200 km jauhnya dari garis pantai Amerika Selatan membuatnya layak dipertimbangkan.

Bila tidak, Kiribati dan Kepulauan Marshall juga dapat dipertimbangkan. Atau bila Anda menyukai daerah dingin, Antartika tentunya yang paling tepat karena terletak di sudut selatan bumi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini