Sukses

Kisah Kumar, Pria yang Sukarela Merazia Ranjau Paku Jalanan

Seorang pria memutuskan untuk memunguti jebakan ranjau paku di kawasan Outer Ring Road, India, untuk menolong pengendara lainnya dari bahaya

Liputan6.com, India - Seorang pria dari India, memililki hobi unik yang mendedikasikan waktu luangnya untuk memungut paku yang sengaja ditaruh para tukang tambal ban di berbagai jalan agar toko mereka banyak dikunjungi.

Dalam lima tahun terakhir, Benekdiktus Jebakumar telah mengumpulkan lebih dari 50 kilogram jebakan ranjau paku di jalan-jalan.

Dilansir Odditycentral, Jumat (13/1/2017), hobi uniknya tersebut bermula ketika ia selalu bermasalah dengan ban mobil yang bocor saat melintasi Outer Ring Road dari rumahnya di Banashankari, India, ke kantornya atau sebaliknya.

Namun, ia tak butuh waktu lama untuk mengetahui jika setiap kali ban mobilnya kempes karena ranjau paku pasti di dekatnya ada salah satu tukang tambal ban.

Kondisi tersebut membuatnya pergi ke pemerintah daerah untuk melaporkan temuannya tersebut. Ia juga meminta pemerintah untuk mengambil tindakan, tapi mereka tampaknya tidak bersemangat untuk membantu. Sejak saat itu ia memutuskan untuk menjaga agar jalanan bersih dari ranjau paku yang ditebar oleh orang-orang yang memiliki kepentingan untuk dirinya sendiri.

dok: odditycentral.com

Sejak 2012 lalu, Jebakumar telah menyisir jalanan di sekitar Outer Ring Road untuk mencari ranjau paku logam. Awalnya ia hanya menggunakan tangan untuk memunguti paku-paku tersebut. Namun karena itu sangat memakan waktu, ia akhirnya membuat sebuah alat dengan menggunakan magnet yang membantunya lebih cepat dan banyak mengambil ranjau paku.

"Saya akan terus melakukan ini untuk membantu banyak orang," kata Jebakumar.

dok: odditycentral.com

Setiap harinya pria berusia 44 tahun itu meninggalkan rumahnya sekitar pukul 7 pagi dan berhenti di beberapa titik di Outer Ring Road. Dia pun kembali melakukan hal yang sama ketika pulang kerja, karena banyak sekali penjahat yang menyebarkan jebakan ranjau paku di jalan-jalan ketika jam sibuk di jalanan.

Untuk membantu meningkatkan kesadarah terhadap masalah tersebut, Jebakumar pun mendirikan sebuah fan page Facebook bernama "My Road, My Responsibility." Ia berharap halaman tersebut akan membantu menyadari para pengendara lain mengenai bahaya jalanan yang penuhi jebakan ranjau paku.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini