Sukses

5 Kota Hantu di Amerika Kini Jadi Tempat Wisata

Kota hantu, adalah sebutan kota mati yang ditinggal pergi oleh penghuninya.

Liputan6.com, Jakarta Kota hantu, adalah sebutan kota mati yang ditinggal pergi oleh penghuninya. Beberapa kota di dunia ditinggalkan penduduknya karena suatu alasan tertentu.

Konon, tempat yang tidak berpenghuni pasti akan mengalami kehancuran, dan puing-puing bangunan dari kota tersebut sekilas seperti kota hantu. Namun dibalik julukannya yang seram, kota tersebut kini malah dijadikan sebagai tempat wisata atau tempat pembuatan syuting film.

Mengunjungi kota hantu saat ini adalah cara yang tepat untuk melihat sekilas bagaimana pandangan kehidupan di masa lalu. Jika Anda sedang mencari ide liburan yang luar biasa unik dan memacu adrenalin cobalah untuk menambahkan daftar wisata Anda ke kota hantu.

Dilansir dari foxnews.com, berikut ini kota hantu yang wajib kamu kunjungi. Penasaran seperti apa ? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Bodie California, Amerika Serikat

Kota Bodie di California adalah salah satu kota ramai ketika masa kejayaan penambangan emas pada tahun 1870. Namun dalam waktu 50 tahun, kota ini ditinggalkan karena emas yang mulai habis.

Dikelilingi oleh pemakaman, kota mati ini mulai menarik perhatian orang yang suka petualangan dan penasaran dengan misteri-misteri hantu. Kini, kota tersebut dikunjungi hingga 200 ribu orang per tahun. Pada tahun 1800-an, kota hantu Bodie, California telah dipertahankan menjadi taman Kota sejak tahun 1962.

sampai sekarang taman tersebut menjadi tempat yang bersejarah karena pengunjung wisata dapat melihat sekitar 100 struktur asli kota tersebut. Misalnya, pengunjung dapat melihat sebuah gereja, pemakaman, rumah, bank, sekolah dan stasiun kereta api. Kota ini juga telah digunakan oleh industri film sebagai lokasi syutin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rhyolite Nevada

2. Rhyolite Nevada, Amerika Serikat

Bekas kota pertambangan yang sempat terkenal ini populasinya lebih dari 10 ribu warga di awal 1900-an, tapi sayangnya kota ini tidak bertahan lama karena krisis keuangan pada tahun 1907.

Di kota hantu ini, sebagian besar sisa-sisa reruntuhan dari beberapa struktur beton yang dibangun oleh pendiri masih berdiri kokoh, seperti bank, gereja dan sekolah.

3 dari 5 halaman

Cahawba Alabama

3. Cahawba Alabama, Amerika Serikat

Cahawba sebenarnya Ibu kota pertama dari Alabama pada awal 1800-an. Ini adalah sebuah kota Amerika yang berkembang setelah perang saudara.

Pada saat ini Cahawba adalah situs arkeologi yang mengesankan, karena disitus ini kita dapat melihat runtuhnya kota hantu ini. Situs ini dikelola oleh The Alabama Komisi Historical.

4 dari 5 halaman

Ashcroft Colorado

4. Ashcroft Colorado, Amerika Serikat

Jika Anda sedang menuju ke Aspen untuk memukul lereng, Anda mungkin ingin mengambil jalan memutar ke kota hantu Ashcroft untuk mengunjungi beberapa bangunan tetap di tempat. Di tempat ini Anda bisa melihat beberapa bangunan yang tersisa termasuk sedan dan kantor pos.

5 dari 5 halaman

Garnet Montana

5. Garnet Montana, Amerika Serikat

Dulunya Garnet adalah tempat tinggal para penambang emas yang cukup ramai. Namun, saat ini telah ditinggalkan dan menjadi kota hantu di negara bagian Montana, Amerika Serikat. Kota ini ditinggalkan penghuninya sekitar tahun 1900-an saat emas sudah tidak lagi ditemukan di sana.

Menurut cerita, kota ini sekarang berhantu sehingga tidak ada lagi orang yang mau tinggal di sana. Para pengunjung kota ini bercerita, mereka sering mendengarkan suara piano yang tidak jelas dari mana asalnya.

Meskipun memiliki reputasi sebagai kota hantu, Garnet adalah salah satu kota hantu dengan pengunjung mencapai 16 ribu orang per tahun. Saat ini, struktur yang tersisa sudah rusak. Anda dapat mengunjungi tempat ini setiap saat. Namun, akses selama musim dingin terbatas. Di pusat pengunjung juga ada toko hadiah, makanan, musik, sisa-sisa bangunan dan Anda bahkan dapat melihat panci emas.

Penulis:

Wenti Ayu Apsari

Politeknik Negeri Jakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini