Sukses

Filipina Akan Bagi-Bagi Kondom ke Sekolah Mulai Tahun Depan

Untuk mencegah penularan virus HIV, departemen kesehatan Filipina akan membagi-bagikan kondom gratis ke sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mencegah penularan virus HIV, departemen kesehatan Filipina akan membagi-bagikan kondom gratis ke sekolah. Rencananya progam ini akan berlaku mulai tahun 2017.

Tujuan program ini untuk membantu departemen menangani kenaikan penularan HIV dan AIDS yang terus meningkat tajam.

Dalam sebuah konferensi pers, Menteri Kesehatan Paulyn Ubial mengatakan, usaha ini adalah bentuk nyata untuk mengurangi dan membatasi aktivitas seks tanpa kondom antar mahasiswa. Karena jika mereka benar-benar ingin melakukannya, lebih baik melakukannya dengan aman, katanya.

Departemen kesehatan akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk mendistribusikan kondom setelah mereka memberikan konseling yang tepat.

"Kami tentu saja akan mempersiapkan pihak sekolah, guru dan kepala sekolah dan penyedia layanan kesehatan".

Program ini dianggap paling pas dan sesuai dengan keadaan sekarang ini. Salah seorang pemuka agama pun mendukung. Ia mengkahwatirkan nasib pemuda-pemuda Filipina jika program ini tidak ada.

"Kasus HIV AIDS terus meningkat terutama bagi mereka yang berusia 15 sampai 24 tahun. Mereka adalah masa depan kami, anak SMA dan Mahasiswa.

Kasus HIV AIDS antara tahun 1984-2016 terdapat 38,114 kasus HIV . Lebih dari 32.099 kasus yang terjadi antara 2011 sampai 2016 . Dan diantara sejumlah itu, 10,279 kasus terjadi pada anak muda berusia 15-24 tahun.

Aksi ini memperoleh tentangan dari pihak lain. Menurut salah satu tokoh, Jerome Secillano aksi ini hanyalah buang-buang uang, lebih banyak tidak baiknya daripada manfaatnya. Pembagian kondom lebih berbahaya karena dianggap memaafkan aktivitas seksual di kalangan mahasiswa.

Beberapa kali pemerintah telah melakukan langkah-langkah yang dianggap putus asa untuk menangani isu yang berkaitan dengan aktivitas seksual.

Bagaimana menurutmu?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini