Sukses

Mengungkap Sisi Lain KPK Melalui Friday Talk Liputan6.com

Jika selama ini sosok KPK digambarkan dengan dengan kesan garang, namun tidak melulu begitu dari sudut pandang Saut Situmorang.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi atau yang biasa kita sebut dengan KPK, dibentuk berdasarkan Undang-Undang nomor 30 tahun 2002 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. KPK merupakan sebuah lembaga negara yang independen yang dalam hal pelaksanaan tugasnya bebas dari wewenang apapun.

Salah satu Komisioner KPK, Saut Situmorang dalam kesempatan menjadi narasumber pada acara Friday Talk (02/12) kemarin, mengungkap sisi lain KPK. Jika selama ini sosok KPK digambarkan dengan dengan kesan garang, namun tidak melulu begitu dari sudut pandang Saut Situmorang.

Selain menangkap para koruptor, KPK juga melakukan tindakan pencegahan agar orang-orang tidak melakukan tindakan korupsi. Caranya dengan mendidik mental anak-anak sejak dini mengenai dampak buruk korupsi.

“Caranya membangun integirtas sekolah yang tinggi. Misalnya, ada salah satu sekolah swasta terbaik. Di sana, siswa yang kedapatan menyontek akan dikeluarkan dari sekolah. Itu bisa dilihat, betapa sekolah ingin mendidik dan membangun integritas yang tinggi kepada para siswa agar terbentuk mental yang kuat,” ujarnya.

Saut menambahkan, KPK mendidik budaya antikorupsi sejak anak-anak PAUD hingga perguruan tinggi. Tujuannya agar mental antikorupsi mendarah daging di tubuh para generasi penerus Indonesia.

Maka agar menarik, KPK juga menanamkan budaya anti korupsi ke dalam sebuah karya seni. Misalnya lewat seni musik, seni lukis, dan berbagai kesenian lainnya.

“Kemarin ada beberapa siswa hingga mahasiswa yang membuat lagu dari berbagai jenis genre,” ujar Saut.

Antusias siswa dinilai sangat tinggi. Di beberapa daerah, ratusan siswa selalu hadir dalam acara yang digelar KPK. Semoga bangsa ini terbebas dari budaya korupsi yang menjamur.

Penulis :

Toni Wijaya

Universitas Bung Karno

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini