Sukses

Komisioner KPK; yang Korupsi Rata-Rata Malah Berpendidikan Tinggi

Saut menganalogikanya dengan semakin tinggi pohon semakin kencang angin yang menerpa.

Liputan6.com, Jakarta Maraknya penangkapan oknum pejabat yang terlibat korupsi membuat publik bertanya-tanya, apa yang salah dengan sistem pemerintahan di Indonesia? Mengapa banyak pejabat yang terlibat korupsi? Dalam kesempatan hadir di Friday Talk Liputan6.com, Komisioner KPK, Saut Situmorang mengungkap beberapa alasan.

Ironisnya, kata Saut, rata-rata pejabat korup di Indonesia justru memiliki riwayat pendidikan yang tinggi. "Bisa saja sekarang ini, kita bangga kita tidak melakukan korupsi. Tetapi semakin tinggi jabatan godaan akan semakin banyak," ujar Saut di acara Friday Talk kemarin, Jumat (2/12).

Saut menganalogikanya dengan semakin tinggi pohon semakin kencang angin yang menerpa. Untuk itu, KPK menyusun strategi pencegahan korupsi sejak dini. Salah satunya lewat pendidikan bagi genarasi-genarasi muda Indonesia.

Ia mencontohkan, sekolah harus mempunyai integritas yang tinggi dalam mendidik siswanya. "Misalnya saja, siswa ketahuan mencontek. Langsung keluarkan saja dari sekolah. Hal itu dapat membangun integritas yang tinggi kepada siswa untuk membangun menatal yang kuat," ujarnya.

Bahkan menurut Saut, pengjaran tentang buruknya perilakua korupsi harus diajarkan sejak usia PAUD hingga menjadi mahasiswa. Sebab untuk membentuk karakter anak, tidak bisa dilakukan dengan cara tiba-tiba.

 

Penulis:

Pebby Adheliana

Universitas Bung Karno

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.