Sukses

Sekarat, Gadis Kecil Ingin Dibekukan agar Bisa Dihidupkan Kembali

Seorang gadis kecil yang sekarat karena kanker, meminta tubuhnya dibekukan agar bisa dihidupkan kembali di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat diberi tahu oleh dokter hanya memiliki waktu seminggu sebelum tewas oleh kanker yang diderita, seorang gadis kecil meminta tubuhnya dibekukan dengan harapan suatu hari ia bisa dihidupkan kembali. Gadis yang tak disebutkan namanya tersebut karena alasan hukum itu digambarkan sebagai anak jenius.

Tragis memang, usianya baru 14 tahun. Di akhir hidupnya, ia bersungguh-sungguh meneliti bagaimana menemukan cara untuk menyembuhkan penyakitnya itu.

Melansir dari Mirror, Jumat (18/11/2016), gadis itu memutuskan pergi ke pengadilan untuk mewujudkan keinginannya. Setelah pertempuran panjang di pengadilan tinggi, keinginannya menjadi kenyataan dan ia membuat sejarah di hukum Inggris.

Dalam surat memilukan yang ia berikan pada hakim, ia mengatakan kalau ia tidak ingin dan menerima nasibnya begitu saja.

"Saya ingin hidup lebih lama. Saya berpikir, di masa depan mereka mungkin dapat menemukan obat untuk penyakit saya dan membangunkan saya kembali. Saya ingin memiliki kesempatan itu."

Rincian kasus tersebut baru terungkap setelah anak itu dikirim ke Amerika Serikat untuk dibekukan. Meski awalnya tidak setuju, orang tua si gadis kecil akhirnya mendukung keinginan anaknya tersebut.

"Permintaan anak itu merupakan yang pertama di Inggris dan Wales, malah mungkin di tempat lain di seluruh dunia," ujar hakim ketua Justice Peter Jackson.

situs lembaga yang menyatakan gadis itu menjadi pasien ke-143 yang dibekukan 

Menurut lembaga yang bertanggung jawab terhadap pembekuan tubuh si gadis, pasien dimasukkan ke dalam rendaman es untuk didinginkan tubuhnya. Setelah itu, tubuh lebih didinginkan dengan nitrogen cair pada suhu -110 derajat selsius selama beberapa jam, di bawah kontrol komputer.

Kemudian, selama dua minggu ke depan, suhu diturunkan kembali ke -196 derajat selsius. Barulah tubuh anak itu direndam dalam nitrogen cair dengan kontrol komputer untuk dibangunkan kembali nanti.

Sejak teknologi ini diperkenalkan pada tahun 1960, hanya ada tiga organisasi di dunia yang menjadikannya bisnis komersial. Anak perempuan tersebut menjadi pasien ke-143 di Institute Cryonics Michigan.

Selain gadis itu, nama-nama besar lain yang berencana membekukan diri mereka agar bisa dihidupkan kembali di masa depan dengan teknik cryogenics, yakni: Simon Cowell, Britney Spears, Larry King, dan Seth McFarlane.

Sementara beberapa nama orang-orang yang telah dibekukan, yaitu:

1. James Bedford, seorang psikolog yang dibekukan pada tahun 1967

2. Legenda bisbol Ted Williams, yang kepala dan tubuhnya disimpan secara terpisah.

3. Matheryn Noavaratpong, yang merupakan pasien termuda yang dibekukan akibat kanker otak pada tahun 2015.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini