Sukses

Makhluk Aneh, Punya 4 Penis, 414 Kaki, dan 200 Kelenjar Racun

Serangga baru ini membuat ilmuwan bingung dengan bentuknya yang aneh.

Liputan6.com, Jakarta - Seekor serangga beracun aneh yang baru saja ditemukan, telah membuat para ilmuwan bingung. Selain karena mekanisme pertahanannya yang ekstrem, serangga ini juga memiliki 200 kelenjar racun! 

Serangga yang disebut Illacme tobini ini juga memiliki 414 kaki, lebih banyak dari binatang yang disebut kaki seribu. Uniknya, dari 414 kaki tersebut, serangga beracun ini dapat dengan mudah mengubah empat dari kaki itu menjadi penis.

Dengan kata lain, serangga ini bisa saja memiliki empat penis sekaligus. Waduh!

Illacme tobini ditemukan di gua-gua Taman Nasional Sequoia, bagian dari pegunungan Sierra Nevada di Granada, Spanyol. Serangga ini ternyata masih satu keluarga dengan si kaki seribu dan merupakan spesies lain dari Penipes Illacme.

Penipes Illacme memiliki 750 kaki dan merupakan serangga dengan jumlah kaki paling banyak. Kedua makhluk ini memiliki penampilan yang mirip serta kemampuan yang sama untuk menghasilkan sutra.

Namun tobini dianggap luar biasa karena bisa memiliki empat penis ketimbang satu penis seperti kebanyakan hewan. Serangga ini ditemukan oleh ahli biologi yang kerap menyelidiki gua, Dr Jean Krejca.

"Saya tidak pernah mengharapkan bahwa spesies kedua dari hewan berkaki ini dapat ditemukan di sebuah gua dengan kedalaman 241 kilometer," ujar Asisten Profesor Entomologi Departemen di Virginia Tech, Paul Marek seperti dikutip dari Mirror, Kamis (27/10/2016).

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.