Sukses

Mulia, Guru Ini Dedikasikan Hidupnya untuk Mengajar 2 Murid

SD Muqiao memang menjadi sekolah paling kecil di Tiongkok, karena hanya memiliki dua orang siswa dan satu guru.

Liputan6.com, Tiongkok - Setiap ruang kelas di sekolah umumnya diisi oleh beberapa siswa. Namun, ada pemandangan yang tak biasa ketika kamu melihat Sekolah Dasar (SD) Muqiao di Tiongkok ini.

SD Muqiao memang menjadi sekolah paling kecil di Tiongkok, karena hanya memiliki dua orang siswa dan satu guru.

Dilansir CCTV News, Rabu (26/10/2016), Yang Jinhua memang menjadi satu-satunya pendidik di sekolah yang berlokasi di Tonggu, Tiongkok tersebut.

Pria berusia 53 tahun itu ternyata telah mengajar selama 35 tahun di sekolah itu, setelah ia lulus dari perguruan tinggi pada usia 18 tahun.

dok: CCTV News/Facebook.com

Jinhua bahkan menolak kesempatan untuk mengajar di sekolah yang lebih besar demi bisa mendidik anak-anak di daerah terpencil karena mereka harus berjalan selama berjam-jam untuk mendapatkan pendidikan. Karena dia memilih untuk tinggal, jadi para bocah memiliki kesempatan untuk bersekolah di dekat rumahnya.

dok: CCTV News/Facebook.com

Ia juga harus bertanggung jawab untuk segala hal terkait sekolah, mulai dari membuka akses jalan dari desa ke sekolah hingga menyiapkan makan siang untuk siswanya.

dok: CCTV News/Facebook.com

Jinhua bahkan berjanji tidak akan meninggalkan sekolah tersebut meski hanya ada seorang siswa yang menuntut ilmu di sana.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini