Sukses

6 Perempuan Minang Inilah Pemrakarsa Polwan Indonesia

Sejarah berdirinya Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia tak lepas dari peristiwa Agresi Militer Belanda ke-2 tahun 1948.

Liputan6.com, Jakarta Sejarah berdirinya Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia tak lepas dari peristiwa Agresi Militer Belanda ke-2 tahun 1948. Waktu itu, Pusat Pemerintahan Republik Indonesia yang dialihkan ke Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, sedang dipusingkan dengan pengungsian besar-besaran akibat agresi.

Tentu pengungsian besar-besaran itu menjadikan para penyusup berpeluang untuk memasuki wilayah yang telah dikuasai Indonesia. Maka, polisi (pria) memperketat penjagaan dengan menggeledah identitas tiap pengungsi. Namun, pengungsi perempuan rupanya enggan digeledah oleh polisi-polisi pria.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Indonesia menunjuk Sekolah Polisi Negara Bukittinggi untuk membuka Pendidikan Inspektur Polisi khusus perempuan. Setelah melalui seleksi yang panjang, terpilihlah enam perempuan Minangkabau yang akan dilatih menjadi polisi yang sekaligus menjadi Polwan pertama di Indonesia.

Mereka adalah Mariana Saanin Mufti, Nelly Pauna Situmorang, Rosmalina Pramono, Dahniar Sukotjo, Djasmainar Husein, dan Rosnalia Taher. Keenam perempuan yang masih remaja itu resmi mengikuti pelatihan pada 1 September 1948--yang sekaligus menjadi penanda lahirnya Korps Polisi Wanita atau yang dikenal Polwan.

Seiring berkembangnya zaman, rupanya peran Polwan sangat dibutuhkan. Kasus-kaus kejahatan banyak yang melibatkan wanita dan anak-anak baik sebagai korban maupun pelaku. Tugas Polwan pada awalnya hanya membantu pada penanganan dan penyidikan kasus kejahatan yang melibatkan wanita dan anak saja.

Namun kini, tugas Polwan tidak hanya menyangkut masalah itu-itu saja. Tugas Polwan bahkan hampir menyamai polisi pria. Mereka juga bertugas pada divisi lalulintas, kenakalan remaja, narkotika, dan lain sebagainya.

Hingga di penghujung tahun 1998, tercatat lima orang Polwan dipromosikan menduduki jabatan komando (sebagai Kapolsek). Pada tahun 1998 sudah empat orang Polwan dinaikkan pangkatnya menjadi perwira tinggi berbintang satu. Namun sayangnya hingga hari ini para Polwan belum ada yang mencapai tingkat jenderal.

Di ulang tahunnya yang ke-68, sudah saatnya Polwan semakin mengukuhkan eksistensinya di tubuh Polri untuk mengabdi kepada masyarakat. Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian bahkan menekankan Polisi Wanita (Polwan) harus jadi ujung tombak dalam menjalankan program polisi yang profesional, modern, dan terpercaya (promoter) guna meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini