Sukses

Meriah, Pembukaan Acara Festival Kesenian Yogyakarta ke-28

Kemeriahan perhelatan Festival Kesenian Yogyakarta 28 yang mengusung tema "Masa Depan, Hari Ini Dulu"

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 28, telah dibuka pada Selasa (23/8/2016). Bertempat di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, upacara pembukaan ini diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Mengusung tema “Masa Depan, Hari Ini Dulu”, festival yang digelar pada 23 Agustus – 9 September ini, ingin berfokus pada kebudayaan dalam perkembangan masa di Yogyakarta.

Acara tersebut dimeriahkan dengan Pawai Jalanan, dan diikuti 38 kelompok yang terdiri dari, 4 kabupaten dan 1 kota di DIY, Kabupaten Belitung Timur, Gianyar, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, selain itu ada pula kelompok seni, komunitas kreatif, sanggar seni, kelompok-kelompok masyarakat, dan institusi swasta.

Adapun rute yang dilalui pawai ini adalah, Taman Parkir Abu Bakar Ali – Jalan Malioboro – Jalan Panembahan Senopati – Jalan Sriwedani - Taman Budaya Yogyakarta. "Kondisi Yogyakarta di masa depan tergantung pada apa yang kita lakukan hari ini, salah satunya di bidang seni dan budaya," jelas Ishari Sahida, Ketua Panitia FKY 28.

Acara FKY 28 akan menyuguhkan 16 program besar, dan program-program tersebut mencakup bidang seni rupa, sastra, tari, teater, sinema, dan berbagai cabang seni lainnya. Beberapa di antaranya adalah Pameran Perupa Muda, Jogja Video Mapping Project, dan Pasar Seni.

Sri Sultan Hamengku Buwono X, sebelum secara resmi membuka FKY 28, secara simbolis meniup terompet bersama-sama warga yang hadir di kawasan 0 Km. ”Acara FKY tidak ada matinya karena dihidupi oleh semangat berkesenian sebagai panggilan jiwa,” ujarnya. Beliau juga mengharapkan, FKY ini dapat bermanfaat tak hanya di bidang seni dan budaya, tetapi juga di bidang kehidupan lainnya.

Setelah resmi dibuka, Kemincis Art Dance mempersembahkan tari Menak Golek di depan para tamu undangan, sebelum kemudian disusul oleh penampilan masing-masing kontingen pawai. Pada malam harinya, rangkaian pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta 28 ini dilanjutkan dengan upacara pembukaan Pasar Seni Festival Kesenian Yogyakarta di Taman Kuliner Condongcatur.

Simak kelanjutan blog keren yang ditulis @cikinong di Forum Liputan6 dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Penulis : Siti Nuraini Safitri - Universitas Pancasila

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini