Sukses

5 Pernikahan Bocah di Bawah Umur yang Miriskan Publik

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan undang-undang, batas perkawinan minimal bagi pria adalah 21 tahun dan perempuan 16 tahun. Namun di banyak tempat masih banyak terjadi pernikahan dini. Mereka melakukannya biasanya karena kurang adanya kesadaran para orang tua atau kadang juga karena adat-istiadat masa lalu yang terus dilestarikan.

Berikut adalah enam pernikahan dini yang terjadi beberapa waktu lalu yang populer dibahas para warga.

1. Pasangan Bocah 13 Tahun di Bone, Sulawesi Selatan

6 Pernikahan Dibawah Umur yang Gaduhkan Publik

Pernikahan dini ini terjadi di Desa Gantarang, Kelara, Jeneponto, Sulawesi Selatan. Pernikahan yang terjadi pada Juni 2016 lalu ini menghebohkan publik karena usia pasangan pengantin yang masih sangat muda. Mempelai laki-laki masih berusia 13 tahun, sementara mempelai perempuan berusia 14 tahun.

Alasan perkawinan ini cukup unik. Diduga kedua orangtua pasangan pengantin remaja ini menyetujui keputusan anak-anaknya karena kebelet ingin segera menimang cucu.

Kabar pernikahan dini langsung viral di media sosial. Banyak yang bertanya-tanya dan penasaran setelah melihat ekspresi kedua mempelai yang dingin dan datar di foto yang beredar.

2. Anggota Dewan Resmi Nikahi Gadis 6 Tahun

6 Pernikahan Dibawah Umur yang Gaduhkan Publik

Pernikahan dini yang terjadi di India Barat lebih mengejutkan. Ratan Lal Jat, anggota Dewan, memutuskan menikahi gadis berusia enam tahun.

Peristiwa ini terjadi pada 23 Juni 2016. Ratan menikahi gadis tersebut dalam sebuah upacara pernikahan rahasia di depan lima saksi. Polisi setempat menjelaskan bahwa pernikahan tersebut sah. Karena, sesuai adat kuno yang disebut Nata Pratha, sebuah adat kuno setempat yang menyatakan bahwa pria yang sudah menikah dapat menjalin hubungan dengan wanita lain yang sudah menikah pula. Asalkan, mempelai pria dapat memberikan jaminan keuangan dan keduanya menikah.

3. Anak 12 Tahun Nikahi Gadis 10 Tahun

6 Pernikahan Dibawah Umur yang Gaduhkan Publik

Perkawinan dua bocah ini terjadi di Mesir. Pernikahan yang menghebohkan publik dunia ini dianggap sebagai pengantin termuda termuda di dunia.

Pasangan pengantin dini ini adalah Faris Abdul Aziz yang berusia 12 tahun dan istrinya, Nancy, yang masih berusia 10 tahun. Pesta mewah perkawinan mereka diadakan pada Jumat, 22 Juni 2016 di Mesir.

Ratusan tamu menghadiri pernikahan unik ini. Seperti layaknya resepsi biasa, pada pesta ini tampil hiburan musik semalam suntuk sampai pagi.

Dia menambahkan, selama ini ia telah menghadiri ratusan pesta pernikahan di wilayahnya dan ia ingin para tetangga juga melakukan hal yang sama kepada dirinya.

4. Menikah dini karena hamil

6 Pernikahan Dibawah Umur yang Gaduhkan Publik

Peristiwa ini terjadi di Tiongkok. Foto seorang gadis kecil dengan perut buncit karena hamil beredar di sosial media. Dari keterangan yang ditulis dalam profil gadis itu dia lahir pada tahun 2000, sementara pasangannya lahir tahun 1999.

Pernikahan dini ini langsung menjadi bahasan para netizen. Mereka menduga pasangan belia ini terlalu banyak menonton acara drama Korea. Sebab, nama "Yunxi" merupakan nama yang sangat umum dan kerap digunakan dalam karakter di drama Korea. 

5. Pernikahan Gadis 13 Tahun

6 Pernikahan Dibawah Umur yang Gaduhkan Publik

Kakek bau tanah berusia 70 tahun ini menikahi gadis yang pantas menjadi cucunya. Alasan pernikahan ini sungguh tragis. Orang tua si gadis yang masih berusia 13 tahun tersebut mengizinkan kakek itu menikahi putrinya. Bahkan orangtua pihak perempuan telah menyerahkan anaknya hidup dengan kakek itu sejak usianya 9 tahun.

Tragis bukan?


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini