Sukses

Kesedihan Aasha, Harimau Sirkus yang Kurus Kering Tak Berdaya

Akibat tak dipelihara di kandang sirkus, seekor harimau bernama Aasha menjadi kurus kering dan nyaris mati.

Liputan6.com, Texas - Di hutan, harimau adalah penguasa. Namun di kandang sirkus, seekor harimau bernama Aasha tak berdaya. Aasha, harimau betina berjenis Bengal (Panthera tigris tigris) ini, diselamatkan oleh Vicky Keahey dan kelompok penyayang binatang Texas’ In-Sync Exotics Wildlife Rescue and Educational Center.

Dilansir dari situs Insyncexotics, Kamis (4/9/2016), Aasha dipelihara oleh sirkus keliling tapi tidak dirawat. Setelah diambil dari alam liar, Aasha tak diberi makan cukup.

Tak hanya itu, ia ditempatkan sekandang dengan harimau dewasa yang lebih besar. Perlakuan ini membuat Aasha tak hanya kurang makan, namun juga diganggu harimau dewasa lain.

Di Indonesia, Erni Suyanti Musabine, dokter hewan lulusan Universitas Airlangga ini mewarnai cerita pendampingan harimau dengan kisah kesedihan dan persahabatan. Baca selengkapnya dengan klik : Erni Suyanti Musabine, Kisah Berani Perempuan Penyelamat Harimau.

"Dia tidak hanya kurus, tapi seluruh tubuhnya ditutupi dengan kurap. Kaki mungilnya bengkak dan merah, kulit di perutnya melepuh, merah dan retak," kenang Keahey saat pertama bertemu Aasha. Saat itu Aasha berumur sembilan bulan dan berbobot 13,6 kilogram. Hanya sepertiga dari bobot normal harimau seumurannya di alam liar.

"Selama empat minggu kami harus memandikan Aasha dengan sampo obat dan mencelupkan di bak khusus. Dia juga harus menelan dua jenis obat untuk membantu membersihkan dan membuat kulitnya pulih kembali," kata Keahey. Simak kelanjutan artikel dan geleri foto penyelamatan Aasha dari siksaan dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.