Sukses

Menilik Laskar Creativepreneur Binaan PT Wijaya Karya

Jiwa creativepreneur sudah melekat di dalam diri warga desa binaan PT Wijaya Karya (WIKA).

Citizen6, Jakarta Di zaman sekarang, kamu pasti tak asing lagi mendengar kata creativepreneur, seseorang makin berfikir kreatif menyesuaikan dengan keadaan masa kini. Creativepreneur berupa pemikiran yang diwujudkan dengan tindakan seseorang untuk melakukan hal-hal yang kreatif dan membawa nilai tambah bagi kehidupannya.

Jiwa creativepreneur sudah melekat di dalam diri warga desa binaan PT Wijaya Karya (WIKA) yang terletak di Cibunian, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. WIKA memiliki program pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan lingkungan di wilayah tersebut. Warga menyambut positif program ini, salah satunya Iqbal yang berperan penting menghijaukan lahan binaan.

Ia telah merangkul warga sekitar untuk turut andil menyukseskan program WIKA ini. Taraf hidup masyarakat ikut meningkat karena memeroleh pendapatan tambahan dengan melakukan budidaya pohon sengon. Pohon sengon menjadi komoditas utama yang mampu menyerap air hujan di Desa Cibunian.

Kelompok Tani Desa Binaan WIKA

Sisi kreatif lainnya, Iqbal dan warga sekitar yang tergabung dalam kelompok tani WIKA berinisiatif bercocok tanam di sela-sela area penanaman pohon sengon. Tanaman tersebut merupakan tanaman yang memiliki masa panen yang pendek, seperti cabai, jahe merah, dan jagung.

Para peserta Campus Citizen Journalist (Campus CJ) Edu Trip Green Adventure Camp bersama WIKA pada 30-31 Mei lalu berkesempatan melihat aktivitas di desa lahan binaan.

Ternyata tidak cukup hanya bercocok tanam, mereka memiliki peternakan sapi ongol yang dikelola sendiri, yang kelak akan dijual pada Hari Raya Kurban (Idul Adha). Kotoran sapi akan diolah menjadi pupuk kompos guna menyuburkan tanaman-tanaman budidaya yang terdapat di desa ini.

Peternakan sapi Ongol WIKA

Dari membudidaya pohon sengon dan beternak, jiwa creatviepreneur muncul berkat kesempatan yang telah diberikan WIKA. Tak dapat dimungkiri, warga sekitar merasa senang dengan adanya program pemberdayaan dan pengelolaan lingkungan.

Ditulis oleh Zaini

Peserta Edu Trip Green Adventure Camp WIKA

**Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6[at]gmail[dot]com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini