Sukses

Terungkap, Penyebab Tenggelamnya KRI Pati Unus

Bertebaran meme di media sosial tentang tenggelamnya KRI Pati Unus menyisakan tanda tanya di benak masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Bertebaran meme di media sosial tentang tenggelamnya KRI Pati Unus menyisakan tanda tanya di benak masyarakat. Dalam meme dengan tulisan serba kapital berwarna merah, menyebut kapal perang Pati Unus dengan nomor 384 tenggelam dua hari lalu lantaran diserang musuh, namun senyap dari pemberitaan media.

Meme itu beredar beberapa hari setelah TNI AL menangkap sebuah kapal milik China dengan 8 ABK di Kepulauan Natuna. Mereka dituduh menangkap ikan secara ilegal di wilayah Indonesia.

Dilansir dari BBC, Juru Bicara TNI AL, Laksamana Pertama Edi Sucipto menampik kabar dari media sosial tersebut. KRI Pati Unus tenggelam bukan lantaran ditorpedo musuh melainkan mengalami kebocoran saat berada di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

Saat ini, seluruh anak buah kapal (ABK) KRI Pati Unus bersama Dinas Penyelaman Bawah Air dan Pangkalan Utama TNI AL I, Belawan, tengah mengatasi kebocoran tersebut,” ujar Edi.

Namun, upaya penanganan itu tidak berhasil. Sebab kebocoran terjadi di lambung kiri kapal dan kapal sedang berada di area permukaan yang terbuka. "Sehingga pengaruh angin gelombang dapat mempengaruhi pekerjaan menutup bagian bawah kapal yang bocor," ujarnya.

"Dan kebocoran itu lantaran terkena benda di bawah permukaan air, bukan torpedo musuh," kata Edi menambahkan.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini