Sukses

5 Kuliner Khas Banyuwangi yang Perlu Dicoba Sebelum Mati

Banyuwangi, kota yang mendapat julukan "the city of sun rise" ini menyimpan resep masakan khas

Liputan6.com, Jakarta Leluhur kita memang jenius. mereka mencipta aneka kuliner tanpa pernah memikirkan hak cipta. Kuliner nusantara dari Pulau Weh sampai Banyuwangi, semua menggugah selera.

Banyuwangi, kota yang mendapat julukan "thecity of sunrise" ini menyimpan resep masakan khas yang tak bakal ditemukan di tempat lain. Kuliner kota ini mempunyai karakter asin dan pedas.

Selama empat hari mengeksplorasi banyuwangi, saya menemukan beberapa makanan khas Banyuwangi yang harus dicoba jika berkunjung ke sana diantaranya:

1. Sayur Uyah Asem

Banyuwangi, kota yang mendapat julukan

Ini adalah resep paling unik di dunia. Namanya sayur uyah asem. Sesuai namanya sayur ini memang terasa asam. Asam yang unik, asam yang punya karakter. Tidak seperti sayur asem yang kita kenal memakai pemasam buah asam. Namun sayur uyah asem justru tidak memakai buah asam sama sekali.

Rahasia rasa asam yang unik ini diperoleh dari campuran belimbing wuluh, buah ranti ( sejenis tomat, tapi buahnya lebih besar dan tidak bulat halus dan daun wadung. Daun wadung adalah spesies endemik yang hanya tumbuh di rawa-rawa Banyuwangi.

Sayur uyah asam ini di Banyuwangi hanya ada di warung uyah asem bu Erni. jadi saat berkunjung ke Banyuwangi sempatkan mampir ke warung unik ini biar tidak seperti traveler lain yang mainstream. Warung uyah asem alamatnya di jalan raya Glagah, Banyuwangi.

Uniknya lagi, menu sayur uyah asem tidak tersedia setiap hari, bukan karena terjadwal atau suka-suka pemiliknya seperti di warung hipster Pasar Santa, namun karena memang daun wadung tidak bisa ditenukan setiap hari.

Selengkapnya

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini