Sukses

Demi Uang Rp 14 Ribu, Kakek Ini Berjalan hingga 20 Km

Kakek Lauro memang tanpa henti-hentinya berjalan membawa ember penuh bagoong atau udang dari rumah ke rumah.

Citizen6, Filipina - Perjuangan dan semangat hidup yang dimiliki kakek berusia 80 tahun ini patut diacungi jempol. Demi mendapatkan penghasilan 1,08 dolar atau setara dengan Rp 14 ribu, kakek yang dikenal sebagai Lauro itu rela berjalan sepanjang 20 kilometer untuk menjajakan dagangannya.

Kakek Lauro memang tanpa henti-hentinya berjalan membawa ember penuh bagoong atau udang dari rumah ke rumah di Bitukang Manok di Pandi, Bulacan ke Real Cacarong. Dilansir elitereaders.com, Senin (18/4/2016), bagoong adalah makanan favorit masyarakat Filipina. Biasanya udang tersebut diberi bumbu asin yang terbuat dari fermentasi ikan maupun udang kecil.

Jika kamu penasaran dengan rasanya, bagoong ini bisa ditemui di pasar maupun toko kelontong. Namun beberapa orang yang menginginkan uang lebih biasanya menjualnya di jalanan seperti yang dilakukan Kakek Lauro.

Tantangan yang dihadapi Kakek Lauro untuk mencari nafkah benar-benar sangat berat. Meski usianya kini sudah tak muda lagi, ia memilih untuk menempuh perjalan jauhnya dengan berjalan kaki dibandingkan harus menggunakan angkutan umum. Menurut Kakek Lauro, jika ia menaiki angkot, maka sebagian besar keuntungannya habis untuk membayar biaya angkot.

dok: elitereaders.com

Maka tak heran jika ia melawan segala rintangan tersebut. Kakek yang penuh kerja keras ini bertahan dari kelelahan, cuaca panas dan dingin, sehingga ia bisa membeli satu kilogram beras serta beberapa potong ikan untuk keluarganya.

Memang tak seorang pun yang mengharapkan kakek seperti Lauro mengerjakan apa yang dilakukannya ini. Namun cinta dan perhatian untuk orang yang disayanginya memberinya kekuatan untuk bertahan. Ini merupakan tindakan yang mulia meskipun entah bagaimana, kami berharap bahwa keluarganya akan memiliki pekerjaan yang lebih baik agar Kakek Lauro dapat pensiun dan menikmati hidupnya.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini