Sukses

Ilusi Pada Foto Ini Memperlihatkan Mars Memiliki Hutan

Sampai saat ini, para peneliti masih terus meneliti apakah ada kemungkinan bagi manusia untuk tingal di planet Mars.

Citizen6 Jakarta Sampai saat ini, para peneliti masih terus meneliti apakah ada kemungkinan bagi manusia untuk tingal di planet Mars. Harapan itu masih terus ada, dan berbagai penelitian pun terus dilakukan. Berbagai satelit dan robot diluncurkan ke Mars untuk membantu peneliti mencari tahu tentang planet merah tersebut. Baru-baru ini NASA mendapatkan sebuah fakta terbaru dari sebuah foto yang diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter.

Dalam foto tersebut memperlihatkan bahwa adanya sebuah hutan yang terdapat di Mars. Namun sayangnya setelah melalui sebuah pengamatan yang lebih seksama, hutan yang terdapat pada foto tersebut ternyata hanyalah sebuah ilusi foto.

Ilusi yang menggambarkan hutan di Mars tersebut diciptakan oleh bukit pasir, sehingga membuat Mars seolah terlihat memiliki hutan seperti Bumi. Penampakan garis-garis coklat gelap yang berkumpul pada satu lokasi ini telah difoto oleh Mars Reconnaissance Orbiter, foto tersebut diketahui merupakan bukit pasir merah muda yang tertutup es, es tersebut diketahui mulai mencair sehingga memantulkan cahaya.

Dilansir Dailymail.co.uk (1/12/2015) ketika gambar ini diambil, di bagian dalam bukit pasir Mars yang berwarna gelap menjadi terlihat seperti keadaan di bumi saat Matahari bersinar pada musim semi. Ketika ini terjadi, di dekat bagian atas gundukan, pasir gelap tersebut menuruni bukit dan meninggalkan garis-garis pada permukaan yang berwarna gelap. Garis-garis inilah yang seolah terlihat seperti pohon yang sedang berdiri, ditambah lagi mereka tidak memiliki bayangan sehingga sangat menyerupai bentuk pepohonan. Gambar itu diambil pada tahun 2008 dan luas area yang terdapat pada foto tersebut mencakup sekitar 0,6 mil (1 km).

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Penulis: Soyid Prabowo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.