Sukses

Tokoh-tokoh Besar yang Lahir pada Hari Sumpah Pemuda

Tanggal 28 Oktober merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Citizen6, Jakarta Tanggal 28 Oktober merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal ini, disepakati hasil Kongres Pemuda yang melahirkan ikrar Sumpah Pemuda. Oleh karena itu, setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagi Hari Sumpah Pemuda dengan berbagai perayaan.

Di samping ingar-bingar sebagai hari kelahiran Sumpah Pemuda, ternyata 28 Oktober juga menjadi tanggal lahir beberapa tokoh besar. Siapa saja tokoh besar tersebut, berikut liputannya.

1. Bill Gates

Bill Gates

Bernama lengkap William Henry "Bill" Gates III (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 59 tahun). Dia adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, juga penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang dia dirikan. Ia menduduki peringkat tetap di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 hingga 2009.

2. Mahmud Ahmadinejad

Mahmud Ahmadinejad

Mahmud Ahmadinejad atau bisa dibaca Ahmadinezhad, lahir di Aradan, Iran, 28 Oktober 1956; umur 58 tahun. Ia adalah Presiden Iran yang keenam. Jabatan kepresidenannya dimulai pada 3 Agustus 2005. Ia pernah menjabat Wali Kota Teheran dari 3 Mei 2003 hingga 28 Juni 2005 ketika ia terpilih sebagai presiden. Ia dikenal secara luas sebagai seorang tokoh konservatif yang sangat loyal terhadap nilai-nilai Revolusi Islam Iran. Ahmadinejad juga terkenal sebagai pemimpin yang berani.

3. Julia Roberts

Julia Robert

Julia Fiona Roberts, lahir di Atlanta, Georgia, 28 Oktober 1967; umur 47 tahun. Ia adalah seorang aktris Amerika Serikat pemenang Academy Award yang juga mantan model. Debut keaktoran Julia Roberts dimulai pada awal 1990-an setelah membintangi komedi romantis, Pretty Woman. Ia juga menjadi aktor besar di dunia Holywood. Julia juga pernah syuting di Indonesia saat membintangi film Pray, Eat, Love.

4. Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo

H Ganjar Pranowo, SH, lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968; umur 46 tahun. Ia adalah Gubernur Jawa Tengah yang menjabat sejak 23 Agustus 2013. Sebelumnya, ia adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indoesia periode 2004-2009 dan 2009-2013. Ganjar sempat dielu-elukan sebagai gubernur yang revolusioner.

5. KH Maimun Zubair

K.H Maimun Zubair

Kyai Haji Maimun Zubair, lahir di Rembang, 28 Oktober 1928; umur 87 tahun adalah seorang ulama besar dan politikus. Saat ini ia merupakan Pemimpin Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, dan menjabat sebagai Ketua Dewan Syuro. Ia pernah menjadi anggota DPRD. Setelah masa tugasnya berakhir, ia mulai berkonsentrasi mengurus pondoknya yang baru berdiri selama sekitar 7 atau 8 tahun. Namun rupanya tenaga dan pikiran KH Maimun Zubair masih dibutuhkan oleh negara sehingga ia diangkat menjadi anggota MPR RI utusan Jateng selama tiga periode.

Itulah tokoh-tokoh besar yang lahir pada Hari Sumpah Pemuda. Tentu masih banyak tokoh-tokoh besar lainnya. Selamat Hari Sumpah Pemuda, dan selamat hari lahir para tokoh-tokoh besar. (War)*

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.