Tiga Fakta Mengejutkan Tentang Bumi yang Kita Tinggali

Oleh Yulia Yulee pada 07 Okt 2015, 12:30 WIB
Tiga Fakta Mengejutkan Tentang Bumi yang Kita Tinggali

Citizen6, Jakarta Banyak fakta yang masih tersembunyi dan masih menjadi misteri tentang bumi yang kita pijak saat ini. Fakta yang pertama, bumi kita saat ini sudah ditinggali sekitar 7,3 miliar manusia. Meskipun ukurannya lebih kecil dari beberapa objek luar angkasa lainnya, namun tak bisa dipungkiri bumi menyimpan dan menyediakan berbagai fasilitas untuk kehidupan manusia. Namun di balik semua itu, ada beberapa fakta yang mungkin bisa membuat Anda terkejut mengenai bumi yang kita tinggali ini.

1 of 4

Batu Tertua Sepanjang Masa

Batu Tertua Sepanjang Masa

Usia bumi kita ini diketahui sudah sekitar 4,5 miliar tahun. Coba bayangkan, setiap kali bumi ini selalu berotasi dan melakukan evolusi setiap harinya. Tidak ada yang tahu kapan semua proses tersebut akan berhenti. Namun, ternyata di permukaan bumi ini ditemukan sekumpulan batu yang disebut dengan Nuvvuagittuq Belt di tepi Teluk Hudson, dekat Quebec, di mana batu tersebut usianya hanya sedikit lebih muda dari bumi, yakni sekitar 4,3 miliar tahun.

2 of 4

Sebagian Besar Spesies Telah Punah

Sebagian Besar Spesies Telah Punah

Seperti yang tadi sudah dibahas, bahwa bumi menyediakan berbagai fasilitas untuk kehidupan manusia, bahkan untuk seluruh makhluk hidup termasuk hewan dan tumbuhan. Sejauh ini diperkirakan ada sekitar 14 juta spesies hidup yang pernah tinggal di bumi. Namun fakta yang mengejutkan adalah, para ilmuwan meyakini bahwa 99 persen dari total 14 juta spesies itu telah punah. Lalu bagaimana dengan nasib spesies-spesies yang ada saat ini?

3 of 4

Hewan Terberat Sepanjang Masa

Hewan Terberat Sepanjang Masa

Di atas bumi yang kita tinggali ini pernah hidup spesies dinosaurus yang ukurannya jauh lebih besar ketimbang manusia. Bahkan beberapa hewan terbesar pun masih kalah besar dengan dinosaurus dan hewan-hewan purba yang hidup di zamannya. Tapi faktanya, sampai saat ini paus biru diklaim sebagai hewan terberat sepanjang masa. Argentinosaurus beratnya hanya 73 ton. Sedangkan, paus biru bisa mencapai180 ton.

Itu dia tiga fakta menarik tentang bumi yang kita tinggali ini. Masih banyak rahasia lain yang mungkin belum diketahui oleh manusia tentang bumi dan alam raya ini.

Pengirim:

Muhamad Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Deril OleDeril Ole

Usia bumi sekitaran 6 ribu tahun. Teori yg dipakai untuk menghitung usia bumi yg sudah bermilyar-milyar tahun itu salah. Salah besar!!