Sukses

Marore, Pulau Terdepan Bukan Terluar Indonesia

Selama ini banyak yang menyebut pulau-pulau yang berbatasan dengan negara lain biasa disebut pulau terluar.

Citizen6, Marore Kenapa saya bilang bukan pulau terluar? Pulau yang berbatasan langsung dengan negara Filipina ini rasanya kurang pantas saja kalo dibilang pulau terluar, itu terkesan mereka tidak diperhatikan atau tidak jadi bagian negara ini. Karenanya sebutan pulau terdepan lebih baik untuk menggambarkan posisi mereka sebagai halaman depan negara ini. Apalagi kalo negara tetangga mau merusak keutuhan negara kita tentulah akan segan kalau lihat pulau terdepannya saja kita jaga. Pulau yang berada di Provinsi Sulawesi Utara ini masuk pulau terdepan sama seperti Pulau Miangas.

Pusat pemerintahan di Kecamatan Marore ini ada di Kabupaten Sangihe dengan Tahuna sebagai ibu kotanya. Jaraknya lumayan jauh sekitar 87 mil, kalo mau di jadiin km itung sendiri ajalah. Waktu tempuh menggunakan kapal perintis bisa sampai 5-8 jam, kenapa lama ya? Yaa itu karena kapal perintis melayani semua pulau di sekitar sini jadi ya mampir mampirlah tuh kapal, kalo bahasa angkotnya ngetem. Selengkapnya

Pengirim:

Rhoman Dwi Febrianto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini