Sukses

Kisah Batman Sebagai Nama Sungai, Nama Kota dan Nama Propinsi

Batman orang hanya mengenal sosok fantasi superhero yang komik dan filmnya sangat laris.

Citizen6, Jakarta JIka mendengar kata Batman orang hanya mengenal sosok fantasi superhero yang komik dan filmnya sangat laris. Namun sangat jarang yang tahu bahwa Batman adalah nama sebuah kota, nama sebuah propinsi, nama sebuah sungai dan satuan ukuran yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan tokoh idola banyak orang itu. Dan ini terjadi di Turki.

Kota Batman yang juga sekaligus  ibukota tersebut terletak di wilayah Anatolia, Turki Tenggara. Kota ini berada di dataran tinggi di dekat pertemuan Sungai Batman dan Sungai Tigris. Batman awalnya sebuah desa kecil bernama Iluh dengan populasi sekitar 3.000 orang. Penemuan minyak pada tahun 1940-an di wilayah itu mengakibatkan pesatnya perkembangan wilayah. Pertumbuhan penduduknya pun meledak selama beberapa dekade berikutnya. Pada tahun 1957, desa tersebut mengadopsi nama Batman karena di situ mengalir sungai dengan nama yang sama.

Batman orang hanya mengenal sosok fantasi superhero yang komik dan filmnya sangat laris.

Sebenarnya sungai tersebut tak selalu disebut Sungai Batman. Di masa lalu, sungai itu dikenal dengan nama Kalat, yang berarti "pengantin" oleh orang-orang Syria yang menghuni daerah itu.

Kata itu diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani sebagai Nymphius, lalu sungai itu disebut sungai Batman sampai abad ke-18. Namun tidak jelas, siapa yang mulai menyebut Sungai Nymphius dengan "Batman" pada abad 19.

Diduga nama tersebut tampaknya mengambil nama dari "Bati Raman", sebuah gunung yang berada di dekatnya. Bati berarti "barat" di Turki, sementara Raman berarti sukacita di Kurdi. Tapi Raman juga bisa berasal dari kata  Rahman yang berarti dewa.

Selain nama tempat dan nama sungai, Batman juga merupakan satu ukuran yang digunakan untuk mengukur massa pada masa lalu. Nilai satu Batman berbeda-beda tergantung daerah dan pada waktu yang berbeda.

Batman orang hanya mengenal sosok fantasi superhero yang komik dan filmnya sangat laris.

Ada peristiwa menarik menyangkut nama Kota Batman ini. Pada tahun 2008 walikota Batman mengumumkan kepada media bahwa ia berencana menuntut Warner Bros dan Christopher Nolan, sutradara dari film trilogi The Dark Knight karena memakai nama Batman tanpa berkonsultasi dulu dengannya.

"Hanya ada satu Batman di dunia," katanya kepada wartawan. "Para produser Amerika menggunakan nama kota kami tanpa memberitahu kami." Ancaman itu diduga hanya aksi untuk  mencari popularitas saja. Komik Batman pertama kali muncul pada tahun 1939, lebih dari dua dekade sebelum kota tersebut memakai nama batman.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.