Sukses

Pesona Bung Karno di Tengah Para Pemimpin Dunia

Bung Karno, putra sang fajar itu pesonanya tak hanya mampu memukau rakyat Indonesia, namun juga dunia.

Citizen6, Jakarta Bung Karno, putra sang fajar itu pesonanya tak hanya mampu memukau rakyat Indonesia, namun juga dunia. Di negerinya sendiri, Sukarno yang menyukai seni ini selalu mampu membangkitkan semangat rakyatnya di setiap pidato-pidatonya. Tanpa diminta, rakyat dari seluruh lapisan masyarakat seolah dikomando, mereka berbondong-bondong datang untuk mendengarkan pidato pemimpin kebanggaanya.

Pesona Bung Karno tak hanya di Indonesia. Melalui  lawatannya ke berbagai negara, Sukarno disambut meriah. Beberapa foto dokumentasi menunjukkan, Sukarno sanggup memukau para peminpin dunia.

Beberapa pertemuan Sukarno dengan para pemimpin dunia itu diantaranya:

1. Soekarno bertemu dengan Sekjen PBB, Dag Hammarskjold

Peristiwa bersejarah ini terjadi pada tanggal 24 Mei 1956. Bertempat di New York, Presiden Sukarno didampingi Letnan Letnan Kolonel Sabur sebagai ajudan tampak bersalaman dengan Dag Hjalmar Agne Carl Hammarskjöld yang menjbat sebagai Sekretaris Jenderal PBB.  Laki-laki yang lahir 29 Juli 1905 ini adalah seorang diplomat Swedia dan SekJen PBB yang ke-2. Ia menjabat dari April 1953 sampai kematiannya akibat kecelakaan pesawat pada September 1961.

2.  Soekarno berbincang dengan Mao Tse Tung

Presiden Sukarno bertemu dengan Mao Tse Tung, pendiri negara RRC (Republik Rakyat China)  pada  24 Nopember 1956.
Mao Tse Tung lahir di Shaoshan, Hunan, 26 Desember 1893 dan meninggal di Beijing pada usia 82 tahun. Selain pendiri RRC, ia juga seorang tokoh filsuf  yang merupakan salah satu tokoh terpenting dalam sejarah modern Tiongkok[

Kira-kira apa yang dibahas oleh kedua founding father tersebut?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3

3.  Presiden Sukarno bertemu dengan wakil presiden AS, Richard Nixon

Pada kunjungannya ke Amerika 1956, Presiden Sukarno dijemput langsung oleh wakil presiden AS, Richard Nixon di bandara Washington DC, Amerika Serikat. Bersama wakil presiden AS, Richard Nixon, Bung Karno disambut penuh oleh pasukan AS dengan 21 kali tembakan kehormatan. Bung Karno ke Amerika dalam rangka memenuhi undangan Presiden AS, David Dwight Eisenhower .

3 dari 4 halaman

4

4. Sukarno bertemu dengan presiden AS, David Dwight Eisenhower

Tampak dalam foto Presiden Sukarno berbincang akrab dengan presiden AS, David Dwight Eisenhower, di Washington DC.  Eisenhower adalah seorang tentara yang terjun ke bidang politik.  Ia menjabat Presiden Amerika Serikat ke 34.

Dwight D. Eisenhower yang lahir di Denison, negara bagian Texas, pada 14 Oktober 1890 ini meninggal pada 28 Maret 1969 pada umur 78 tahun.

4 dari 4 halaman

5

 5.  Presiden Sukarno bersama  Perdana Menteri Jepang, Kishi Nobusuke

Dalam kunjungannya ke Jepang, Presiden Sykarno bertemu dengan Perdana Menteri jepang Kishi Nobusuke di Tokyo.
Kishi Nobusuke adalah politisi Jepang yang menjadi Perdana Menteri Jepang ke 56 dan ke 57 (25 Pebruari 1957 – 12 Juni 1958, dipilih lagi sampai 19 Juli 1960).

Selain dengan lima pemimpin negara tersebut, Sukarno juga bertemu dengan banyak kepala negara dari negara lain, seperti Kuba dan lainnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini