Sukses

Unik, Pentas Musik Jazz di Masjid Saat Bulan Puasa

Bila sebelumnya telah diceritakan nuansa musik jazz di Semarang, kali ini di kota Jakarta

Citizen6, Jakarta Ada satu festival jazz yang unik yang digelar disetiap bulan Ramadhan dan festival jazz ini diberi nama Ramadhan Jazz Festival. Festival jazz ini unik karena pergelarannya yang dilangsungkan di halaman sebuah masjid, dalam hal ini Masjid Cut Meutia, yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. Inilah satu, dan hanya satu-satunya, festival jazz yang digelar di halaman masjid.

Ramadhan Jazz Festival kali ini adalah pergelarannya yang ke-5. Festival jazz yang mulai digelar sejak tahun 2010 ini terlaksana atas kerjasama antara Remaja Islam Masjid Cut Meutia, RICMA, dengan WartaJazz. Kepada para penampil yang akan meramaikan festival ini panitia penyelenggara mensyaratkan,  harus membawakan satu lagu bertema religi yang dibalut musik bernuansa jazz.

Ramadhan Jazz Festival 2015 dilaksanakan pada Jumat – Sabtu, 26 – 27 Juni 2015, yang pergelarannya dimulai setelah Shalat Isya dan Shalat Taraweh berjamaah.

Saya hanya berkesempatan menghadiri festival jazz ini pada malam ke-2, yaitu Sabtu, 27 Juni 2015, dan berikut ini catatan saya setelah menghadiri festival tersebut.

Suasana…

Saya memasuki halaman masjid Cut Meutia menjelang waktu shalat Isya tiba dengan melewati gerbang yang bertuliskan Ramadhan Jazz diatasnya. Suasana masih lumayan sepi, dengan kebanyakan orang yang mendatangi masjid adalah warga masyarakat sekitar yang akan melaksanakan Shalat Isya dan Shalat Taraweh berjamaah.

Di halaman masjid sudah terlihat tenda-tenda, demikian juga disamping masjid. Tenda-tenda ini kebanyakan tempat menjual makanan dan minuman. Disamping masjid ada tenda untuk registrasi pengunjung yang akan menghadiri festival dan sekaligus tempat penerimaan donasi. Photobooth juga sudah tersedia.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim: Titik Asa

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini