Sukses

Bledug Kuwu, Fenomena Alam Menakjubkan dari Grobogan

Pernah dengar soal Bledug Kuwu? Jika belum, coba kunjungi tempat berikut ini

Citizen6, Jakarta Kabupaten Grobogan merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Cilacap, dengan kota Purwodadi sebagai ibukota kabupatennya. Diapit oleh dua pegunungan kapur, Pegunungan Kendeng dan Pegunungan Kapur Utara, memberikan pemandangan lembah yang sekilas terlihat gersang, tanpa potensi wisata yang menarik. Padahal sebelum dunia dihebohkan oleh keberadaan Lumpur Lapindo di Sidoarjo, warga Grobogan sudah mengenal kawah lumpur serupa yang bernama Bledug Kuwu.

Memang Bledug Kuwu yang terletak di Kecamatan Kradenan tidak seperti Lumpur Lapindo yang meluas dengan dahsyat. Bledug Kuwu yang penamaannya berasal dari Bledug ( letupan dalam bahasa Jawa ) dan nama desaKuwu, hanya memiliki luas sekitar 45 hektar saja.
Saat pertama kali berkunjung di tahun 2011, saya hanya bisa berdecak kagum melihat kawah lumpur yang terus-menerus mengeluarkan letupan setinggi satu hingga lima meter.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Halim Santoso

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini