Sukses

Tak Mau Pasif, Mahasiswa Teknik Unhas Ber-Gerak

Mahasiswa sudah semestinya turut menjaga kebersihan kampusnya. Seperti yang dilakukan mahasiswa-mahasiswa berikut.

Citizen6, Jakarta Puluhan Mahasiswa Teknik Universitas Hasanuddin memadati area kampus Fakultas Teknik pada Jumat, tanggal 30 Januari 2015 pada pukul 08.00 WITA hingga 11.30 WITA. Bermodalkan cangkul, sekop, sapu lidi dan trashbag, puluhan Mahasiswa yang terhimpun dalam program GERAK ini turun langsung menjaga kebersihan kampus mereka dengan membersihkan sampah-sampah yang berserakan.

Setelah sukses dengan dua aksi sosial sebelumnya, pekan ini program GERAK kembali melakukan aksi nyata. Dengan mengusung tema ‘TERAS’ yang merupakan kepanjangan dari Teknik Anti Rantasa, para mahasiswa teknik dari berbagai angkatan bersama-sama membersihkan area Fakultas mereka yaitu meliputi jalan masuk yang sering dilalui oleh pengendara motor dan pejalan kaki.

Mahasiswa Teknik Unhas membersihkan area kampus

Ditemui di lokasi kegiatan, Didit, Penanggung Jawab ‘TERAS’ mengungkapkan, “Program ini diadakan sebagai batu loncatan untuk turun langsung ke masyarakat yang lebih luas. Apabila kita aktif di kegiatan sosial lingkungan di luar namun kampus sendiri saja tidak bisa kita jaga kebersihannya, menurut saya itu sama saja omong kosong.” Melalui program GERAK tersebut, mereka juga ingin mengubah mindset khalayak yang sering mengidentikkan Mahasiswa Teknik dengan sikaprantasa (kotor/jorok).

Gerakan 1000 Koin

Kegiatan kerja bakti GERAK sukses mendapatkan apresiasi dari Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Dr,Ing. Ir, Wahyu Haryadi Piara yang terlihat menghampiri para Mahasiswanya di lokasi kegiatan. Selain melakukan kerja bakti, program GERAK juga melakukan aksi street campaign untuk mengajak mahasiswa fakultas lain agar lebih peduli terhadap keadaan sosial dan lingkungan sekitar.

Aksi street campaign ini juga diselingi dengan aksi “Gerakan 1000 Koin” yang merupakan upaya pencarian dana demi kelangsungan program-program GERAK selanjutnya. Gerakan 1000 koin ini dilakukan dengan mengumpulkan donasi dari civitas akademika yang sedang lewat saat dilangsungkannya kegiatan menggunakan celengan yang dibalut dengan desain yang menarik.

Komentar :

Mohammad Dwika Maharditya (Mahasiswa Teknik Geologi Unhas)

“Sebagai seorang Mahasiswa, kita tidak sepantasnya hanya memanfaatkan fasilitas kampus, tapi juga harus menjaga kebersihannya.”

Annisa Ramadhani (Mahasiswi Teknik Lingkungan Unhas)

“Sekarang aksi sosial gencar dilakukan dimana-mana, tapi kadang mereka lupa dengan lingkungan terdekat mereka. Padahal, lingkungan sekitar adalah cerminan kita.”

Agus (Mahasiswa Teknik Sipil Unhas)

“Berteori itu biasa, tapi mengaplikasikannya itulah yang luar biasa.”

Pengirim:

Zarah Arwieny Hanami

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini