Sukses

Batu (Mulia) Kecubung dari Kalbar Mendunia

Batu yang sudah kesohor sejak dulu yang dipakai oleh raja-raja di benua Eropa ini diyakini pengemarnya dapat meningkatkan kepercayaan diri

Citizen6, Jakarta Mendengar kata Kecubung tentu pikiran kita tertuju kepada batu mulia yang banyak dicari karena memiliki kilauan warnanya. Batu Kecubung (Amethyst) asli berasal dari Ketapang Kalbar. Batu ini mempunyai gradasi warna dari putih bening, coklat, hitam, ungu muda, ungu, ungu tua merah sampai berwarna emas.

Batu yang sudah kesohor sejak dulu yang dipakai oleh raja-raja di benua Eropa ini diyakini pengemarnya dapat meningkatkan kepercayaan diri serta kharisma, sehingga banyak diburu kolektor.  "Kemaren terjual kecubung 60 karat cts ungu Rp 65 juta rupiah " kata Henky penjual  batu Kecubung di jalan GM Saunan Ketapang Kalbar.

Henky Roy (60) yang telah berbisnis  batu kecubung sejak puluhan tahun lalu. Ia meyakini kualitas batu kecubung yang berasal dari kecamatan Manismata, Air Upas, Hulu Sungai, Kendawangan tidak kalah saing dengan batu mulia dari daerah-daerah di Nusantara ini.

"Batu Kecubung ini aset daerah yang dapat dijual ditingkat Nasional maupun di Internasional " katanya.

Bupati Ketapang Drs Henrikus M.Si dan Ny Riniwati Henrikus menyambangi kediaman pengusaha Kecubung tersebut. Di hadapan Bupati, Henky mengeluarkan semua koleksi ratusan batu kecubung dengan beraneka rupa, mulai yang berkualitas tinggi dan yang biasa.

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pak Henky ini yang  telah membangkitkan potensi daerah Ketapang " kata Bupati usai menyerahkan plakat penghargaan kepada Henky.

Menurut Bupati Henrikus batu Kecubung yang diusahakan oleh Henky ini mempunyai kualitas yang luar biasa, yang tidak kalah saing dengan kualitas batu mulia dari daerah di Indonesia.

"Pemkab tetap memberikan penghargaan melalui Disbudparpora Ketapang, sebagai upaya promosi daerah maupun pariwisata " katanya.

Harga yang tinggi pada batu kecubung ini tak mengurangi minat pengemar untuk menjadikan batu kecubung sebagai batu cincin. Keunikan batu kecubung ini karena warnanya yang memancar seolah batu ini tak ubahnya permata.

Para pejabat dan selebriti Indonesia sudah banyak yang mengoleksi batu mulia ini. Berkat Henky Roy, batu-batu ini makin di kenal di luar Kalbar.  Selain keindahan batu permata ini batu mulia kini tak lagi hanya dijadikan hiasan, tapi sudah menjadi investasi menguntungkan. tak salah jika batu mulia semakin dicari.

Safarudin KDI, Inha KDI, Maya KDI dan pelawak ibukota seperti Ali Nurdin, Doyok dan Kadirdi buat terkesima dengan keindahan dan keunikan batu kecubung yang memiliki kilauan warna yang beragam itu.

Sebagai upaya perkanalan dan promosi batu khas Kabupaten Ketapang, para artis Ibukota tersebut mendapat hadiah satu buah kecubung untuk satu orang.

Doyok CS yang terkenal dengan banyolan yang membuat orang tertawa, melihat langsung koleksi batu kecubung milik Henky Roy,hingga sampe memasang cincin dilima jarinya seperti rekan satu profesinya Tessy yang jarinya selalu dipenuhi batu mulia.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Ketapang yang telah mempromosikan batu kecubung khas Ketapang " kata Henky.

Henky berharap agar para pengrajin batu Kecubung di Kabupaten Ketapang, dapat difasilitasi pemerintah dalam melestarikan dan mengangkat potensi daerah Ketapang, mulai dari penambang batu, pengrajin dan penjual dalam meningkatkan kesejahteraan.

Pengirim:

Rangga Alwi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini