Kurikulum 2013 Dihentikan, Netizen Sambut Positif

Oleh Liputan6 pada 09 Des 2014, 11:31 WIB
Kurikulum-2013

Citizen6, Jakarta Sampai hari ini, sambutan positif netizen mewarnai percakapan soal rencana Anies Baswedan menghentikan Kurikulum 2013. Beberapa sambutan positif itu juga datang dari tokok partai dan lembaga Islam seperti Fraksi PPP, PBNU, PKS. Selain itu Walikota Bandung Ridwan Kamil dan pejabat Komisi X, Teguh Juwarno melalui akun Twitternya menyatakan mendukung dengan rencana itu.

Namun, percakapan bersentimen positif ini baru 16 persen dari seluruh percakapan. Mayoritas netizen masih menunggu, mempertanyakan, dan meminta hal ini dikaji dan dipertimbangkan, atau menunggu tanggapan Anies terhadap kritikan mantan Mendikbud, Muhammad Nuh.

Hampir setahun ini dunia pendidikan menjalankan kurikulum terbaru yang di keluarkan oleh pemerintah lama yaitu kurikulum 2013. Rupanya, cukup banyak siswa dan orang tua yang merasa keberatan dengan Kurikulum 2013, begitu pula para guru. Salah satu beban Kurikulum 2013 adalah jam belajar siswa menjadi bertambah yang tentunya itu akan sangat memberatkan para siswa.

Lantaran banyak keluhan yang muncul, pemerintah pun menegaskan akan menghentikan Kurikulum 2013 dan kembali memberlakukan kurikulum lama. Kabar tersebut pun menjadi ramai di perbincangkan public terutama di twitter, melalui berbagai komentar.

Awesometrics mencoba memantau perbincangan tentang topic Kurikulum 2013 di Media Sosial khususnya Twitter. Hasilnya, di temukan sebanyak total 33.386 ciapan yang memperbincangkan Kurikulum 2013 periode 1 Desember – 8 Desember 2014 hingga sore ini dan terus bertambah.

Kemudian dari pantauan Awesometrics ada 3 akun Twitter yang cuitannya paling mendominasi di retweet oleh netizen. 3 akun tersebut yaitu pertama akun milik @Kemdikbud_RI ciapannya di retweet sebanyak 2.966 kali dan 342 kali retweet untuk ciapan lainnya.

Akun kedua yaitu milik @Metro_TV dengan ciapan yang di retweet oleh 697 netizen dan ciapan lainnya di retweet oleh 472 netizen. Dan yang ke tiga yaitu akun @info_SNMPTN yang ciapannya di retweet sebanyak 679 kali.

Perbincangan di Media Sosial tentang Kurikulum 2013 sudah meluas seantero nusantara, dan lebih di dominasi oleh netizen dari kota-kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Medan dan beberapa kota lainnya.

Pengirim:

Rizki Dafinta

Tag Terkait