Sukses

Pemda Banjar Adakan Festival Tari Daerah

Sekda Kabupaten Banjar Ir.H.Nasrunsyah MP juga memberikan dukungan penuh dan apresiasinya dengan terselenggaranya kegiatan ini.

Citizen6, Banjar Provinsi Kalsel, termasuk Kabupaten Banjar, banyak memiliki ragam seni tari,  baik tarian tradisional maupun tarian modern. Pemerintah setempat, melalui Disbudparpora Kabupaten Banjar  berusaha menjaga dan mengembangkan tarian khas daerah  ini agar tidak hilang tergerus oleh zaman.

Untuk melestarikan aset budaya tersebut, Selasa (20/8), Disbudparpora Kabupaten Banjar mengadakan Festival Tari Daerah Kreasi Banjar. Acara yang dihelat  di Aula Disbudparpora Kabupaten Banjar  itu  bertujuan sebagai sarana memfasilitasi festival atau even budaya, serta bentuk pembinaan kepada sanggar-sanggar seni tari Banjar yang masih eksis di Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Ir.H.Nasrunsyah MP serta ketua panitia pelaksana Milad Kesultanan Banjar Drs.H. Khairil Anwar M,MM.

Pesertanya yang mengikuti perlombaan tari ini pun beragam yang terdiri dari 10 group sanggar tari kreasi se Kabupaten Banjar, 5 group dari tingkat SD/MI se Kabupaten Banjar, serta 5 group dari tingkat SLTP/ SLTA sederajad. Kali ini Disbudparpora Kabupaten Banjar menghadirkan juri berkompoten di bidangnya dari sanggar Budaya Provinsi Kalsel dan Seniman/Budayawan Kabupaten Banjar.

Dalam laporannya ketua panitia Festival Tari Daerah Kreasi Banjar Drs H Abdul Gani Fauzi  MM mengatakan bahwa hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sebagai penyemarak peringatan hari proklamasi kemerdekaan ke 69 tahun dan hari jadi Kabupaten Banjar yang 64 tahun,serta sebagai sarana penyelenggaraan Festival Budaya Daerah dalam bentuk pembinaan sanggar-sanggar seni tari yang masih eksis di Kabupaten Banjar.

Sekda Kabupaten Banjar Ir.H.Nasrunsyah MP juga memberikan dukungan penuh dan apresiasinya dengan terselenggaranya kegiatan ini.Hal ini terlihat dari sambutannya yang mengatakan bahwa pemerintah kebupaten banjar sangat senang karena tiap tahunnya dapat menyelenggarakan kegiatan festival tari ini,karenanya nasrunsyah berharap dengan diadakannya kegiatan ini akan lebih menarik minat sekolah-sekolah atau sanggar-sanggar dalam hal lebih mengembangkan dan mempelajari kesenian daerah khususnya seni tari kreasi banjar ini.

“Dengan melestarikan kesenian banjar ini juga di harapkan menarik wisatawan domestik dan wisatawan asing yang sekarang ini mulai menaruh minat yang tinggi pada kesenian-kesenian daerah”Ungkap Nasrunsyah di akhir sambutannya yang sekaligus membuka Festifal Tari Kreasi Banjar.


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.