Sukses

Datu Kalampayan Sebagai Panutan di Bumi Kalimantan

Martapura di kenal di dunia berkat syiar dan keteladanan ulama-ulama besar Banjar

Citizen6, Martapura Suasana Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura  Timur,  Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (02/8) pagi,  seakan menjadi lautan manusia.  Nampak puluhan ribu masyarakat dari dalam dan pulau luar Kalimantan datang ke sana guna menghadiri peringatan haul ke 208 Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, atau kerap disebut Datu Kelampayan.

Seperti peringatan haulan sebelumnya,  pada peringatan Haulan ke 208  Datu Kelampayan yang digelar di Masjid Tuhfaturraghibin ini, dihadiri para dzuriat, habaib dan tuan guru serta pejabat pemerintahan daerah. 

Datu Kalampayan Sebagai Panutan di Bumi Kalimantan

Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh usai menghadiri haulan mengungkapkan rasa terharu dan syukurnya atas keteladanan yang telah diwariskan ulama besar Banjar seperti Datu Kelampayan.  

Menurutnya, Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari adalah  seorang sosok ulama kharismatik dan cendikia dunia. Terbukti dari kitab-kitab dan buku yang dikaryakan beliau hingga kini tetap lestari dan dijadikan pijakan umat Islam.

Diungkapkan Sultan Banjar ini, Kalimantan Selatan terutama  Martapura di kenal di dunia berkat syiar dan keteladanan ulama-ulama besar Banjar, termasuk sosok Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.

“Mari kita doakan semoga amal jariah para tuan guru kita baik yang masih hidup maupun  yang telah wafat senantiasa mendapat pahala dan ridha dari Allah SWT,” doa Sultan.

Bupati Banjar mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada panitia dan masyarakat atas ketulusan dan partisipasinya dalam melaksanakan  haulan Datu Kelampayan hingga terlaksana kegiatan sesuai rencana.
Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin dalam sambutannya mengatakan,  karya Guru Kelampaian yang paling terkenal dan hingga kini menjadi pegangan umat Islam di antaranya Mushaf Al-Qur’an tulisan tangan beliau, Kitab Sabilal Muhtadin, serta kitab Tuhfaturraghibin.

Pada peringatan Haul Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari ke 208 tersebut juga dibacakan riwayat singkat (Manaqib) beliau, yang dibacakan oleh salah satu djuriat Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari yakni Tuan Guru H. Wildan pimpinan sekaligus pengasuh Tahfidzul Qur’an Darussalam Martapura.

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini