Sukses

Pembalap Indonesia Kibarkan Merah Putih di Formula 3 Eropa

Sean Gelael mengibarkan bendera Merah Putih saat ia naik podium pada Kejuaraan Formula 3 Inggris.

Sean Gelael mengibarkan bendera Merah Putih saat ia naik podium pada Kejuaraan Formula 3 Inggris, baru-baru ini. Ia juga menembus urutan 13 besar pada laga yang lebih berat dan bergengsi FIA Formula 3 Eropa sepanjang musim 2013. Kiprah Sean sebagai pembalap rookie patut mendapat perhatian besar karena kiprah mengesankan, baik dalam lomba FIA F3 Eropa maupun Kejuaraan F3 Inggris.

Musim ini, Sean berlaga dalam 10 putaran FIA F3 Eropa, empat putaran F3 Inggris, Master F3 di Belanda ,serta Kejuaraan F3 Macau November mendatang. Kalau satu putaran ia melakoni tiga balapan (race), maka Sean sudah bertarung dalam 45 race.

Kejuaraan Formula 3 merupakan anak tangga atau batu loncatan menuju ajang perlombaan Formula Satu (F1). Di antara para pebalap Formula 1 yang berasal dari ajang lomba F3 adalah Nelson Piquet, Ayrton Senna, Nigel Mansell, Alain Prost, Damon Hill, Mika Hakkinen, Michael Schumacher, Lewis Hamilton, Jenson Button, dan Sebastian Vettel.

Apakah Sean akan masuk dalam daftar para jawara F1 itu? Tentu saja waktu yang akan menjawab. Tapi para pengamat cukup takjub dengan penampilan pertama pemuda belia itu, dilihat dari sisi rookie atau debut awal, serta usia yang paling muda di antara semua peserta lomba F3 Eropa dan F3 Inggris.

Pada semua perlombaan seri FIA F3 Eropa, Sean hanya empat kali tidak finis (DNF), yaitu pada Race 3 di Brand Hatch (19/5), Race 3 di Norisring (14/7), serta pada Race 1 dan 3 di Vallelunga (12/13-10).

Semua sirkuit yang digunakan untuk perlombaan FIA F3 Eropa itu baru bagi Sean, satu-satunya peserta dari negara Asia yang hampir setiap akhir minggu adu cepat di antara 29 pembalap yang lebih senior dan lebih berpengalaman dari juara karting nasional dan Asia itu.

Kiprah Formula 3 Inggris

Sean Gelael menyabet dua podium dalam dua hari pada perlombaan British F3 International di Sirkuit Silverstone, 25-26 Mei. Prestasi tersebut menjadikan Sean pemegang rekor pembalap termuda yang naik podium pada kejuaraan internasional itu. Pembalap termuda sebelumnya adalah Nelson Pique Jr yang melakukannya dalam usia 16 tahun delapan bulan 12 hari. Sementara Sean baru berusia 16 tahun enam bulan 24 hari.

"Sean kini menyandang rekor termuda naik podium di F3 Inggris dan bahkan mungkin pembalap Indonesia pertama yang naik podium F3," kata Ricardo Gelael, ayah Sean.

Pada hari pertama perlombaan British F3 International, Sabtu, Sean yang memacu Dallara-Mercedes berada di urutan ketiga dan pada Race kedua Minggu tetap berada di urutan ketiga. Pada Race 3 ia berada di tangga keenam. Bendera Merah Putih kembali berkibar di podium sirkuit terkenal Spa-Franchorchamps Belgia ketika Sean Gelael secara fantastis menaiki podium ketiga pada lanjutan Kejuaraan Formula 3 Internasional Inggris, Juli.

Pada Agustus di Brands Hatch, Sean dua kali menempati urutan keenam pada perlombaan yang dihiasi beberapa insiden kecelakaan. Tapi, Sean berhasil mengatasi insiden dengan pembalap Nissan, Jrada Maradenborough, pada tikungan Sheene Curve.

Ia mengawali lomba race kedua dari grid belakang. Tapi, Sean mampu melewati lawan-lawannya dari masuk urutan 10 besar. Kemudian ia melewati rekan setimnya dari Double R, Tatiana Calderon, pada putaran ke-23, sampai akhirnya menempatkan diri di urutan keenam.

Kini, pemuda yang mengawali debutnya di dunia otomotif sebagai navigator perlombaan reli mobil --bahkan masuk MURI sebagai navigator termuda-- sudah menyelesaikan musim pertamanya pada perlombaan Formula 3.

"Saya akan belajar dan belajar terus dalam rangka menimba pengalaman dari para pebalap senior yang sudah mengenal semua lintasan yang dilewati di perlombaan Formula 3 Eropa ini," kata pebalap nasional kelahiran Jakarta 1 November 1996 itu.

Sean Gelael pada tahun pertama di Kejuaraan Formula 3 sudah berada di antara podium (F3 Inggris) serta mampu menembus urutan 13 besar (F3 Eropa).(Ant/Bog)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.