Sukses

Misi Messi Kejar Rekor Raul Dimulai

Ajax sendiri datang ke Camp Nou dengan kepercayaan diri tinggi. Setidaknya, ini yang dirasakan sang pelatih, Frank de Boer.

Kancah sepak bola Eropa kembali bergelora. Klub-klub top papan atas sudah beradu dini hari tadi di laga pertama kualifikasi grup. Kini, giliran Barcelona yang akan menjamu Ajax Amsterdam, Kamis (19/8/13) dini hari WIB di Camp Nou.

Laga ini menjadi awal bagi Messi dalam pengejaran rekor Raul Gonzalez, eks striker Madrid yang sampai saat ini masih menjadi topskorer Liga Champions sepanjang masa.

Raul menorehkan 71 gol di sepanjang kariernya sebagai pemain di Madrid dan juga Schalke. Dengan demikian, Messi hanya membutuhkan 12 gol lagi untuk menyamai rekor tersebut. Mungkinkah itu dilakukan? Merujuk kepada statistik dan rata-rata gol Messi di Liga Champions empat musim terakhir, target itu bukanlah hal yang muluk.

Selama empat musim terakhir, Messi mencetak 42 gol. Artinya Messi mencetak rata-rata 10 gol lebih di empat musim terakhir. Bahkan dua musim lalu, Messi mencetak 14 gol.

Persaingan semakin menghangat. Soalnya, Cristiano Ronaldo, "rival" pribadi Messi sudah memulai Liga Champions musim ini dengan menakjubkan. Dia mencetak hattrick ketika Madrid menghancurkan Galatasaray 6-1 dini hari tadi. Kini, Ronaldo sudah mengoleksi total 53 gol.

Untunglah, kondisi Messi sedang fit. Saat ini, dia masih memimpin daftar pencetak gol terbanyak di La Liga. "Dia sudah pulih total dari cedera hamstring yang dialaminya melawan Atletico di Piala Super Spanyol. Dia siap terus bermain," kata Gerardo Martino.

Ajax sendiri datang ke Camp Nou dengan kepercayaan diri tinggi. Setidaknya, ini yang dirasakan sang pelatih, Frank de Boer. Eks bek Barca era 1990-an ini bahkan merasa tersinggung jika Ajax tak dipandang sama sekali.

"Tak bagus jika setiap orang berpikir Barcelona akan menang. Seakan-akan kami tidak dalam kondisi terbaik. Tekanan bagi kami sangat besar. Tapi saya yakin kami bisa menciptakan masalah untuk Barcelona. Kami tahu mereka tim bagus, tapi kami juga punya gaya main sendiri," tandasnya.

De Boer akan mengandalkan kelihaian Siem de Jong dalam menggasak pertahanan Barcelona. Sejauh ini, de Jong termasuk salah satu yang produktif. Ajax juga akan mencoba eks binaan La Masia, Bojan Krkic. Pemain kelahiran katalunya yang memiliki darah Serbia ini juga antusias bisa kembali di Camp Nou.

"Kami harus punya mentalitas untuk menang karena itulah caranya bisa bersaing. Kami tak boleh punya mental pesimistis atau melihat segala sesuatu tak mungkin. Kami harus percaya dengan kemampuan diri sendiri," tandasnya. (Berbagai Sumber/Def)


                       Rekor Gol Messi di Liga Champions Setiap Musim

Musim

Tampil

Gol

2012/13

11

8

2011/12

11

14

2010/11

13

12

2009/10

11

8

2008/09

10

9

2007/08

9

6

2006/07

5

1

2005/06

6

1


Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/1bqkfP0">4 Faktor Sukses Real Madrid saat Hantam Galatasaray</a>
* <a href="http://bit.ly/16dfz71">Kabar Duka untuk Pelatih Barcelona</a>
* <a href="http://bit.ly/168neub">Tim Kesayangan Menang, Fans Wanita Ini Langsung Buka Baju</a>
* <a href="http://bit.ly/18vYshJ">Hasil Pertandingan Liga Champions</a>
* <a href="http://bit.ly/16CUnM4">Barca Tak Terpengaruh Gebrakan Madrid</a>
* <a href="http://bit.ly/1aJkwtk">Real Madrid Mengamuk di Markas Galatasaray</a>
* <a href="http://bit.ly/16dfH6C">MU Jinakkan Leverkusen</a> 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Ajax