Indonesia Kirim 104 Atlet ke Asean Youth Games

Oleh Liputan6 pada 01 Agu 2013, 19:14 WIB
Indonesia mengirimkan 104 atlet di Asean Youth Games (AYG) ke-2 di Nanjing Cina 16-24 Agustus. Kontingen Indonesia yang terdiri atas 59 atlet putra dan 47 atlet putri serta 48 ofisial dilepas oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo, Kamis (1/8/13).

Indonesia tidak membidik target yang tinggi, meski berharap bisa bersaing di ajang empat tahunan tersebut. "Karena diikuti 45 negara, saya dengar Indonesia membidik 1 medali perak dan 11 perunggu. Saya berharap Indonesia bisa bersaing," kata Menpora Roy Suryo kepada media.

Roy berharap, kontingen Indonesia bisa terlecut semangatnya karena penyelenggaraan AYG berbarengan perayaan kemerdekaan Indonesia. "Tidak ada salahnya berharap atlet kita bisa berbuat lebih.Apalagi nanti, AYG ke-4 digelar di Surabaya. Ini bisa menjadi semangat baru bagi kita," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KOI, Rita Subowo mengakui, persiapan atlet yang ikut AYG masih kurang. "Persiapan kita lebih banyak untuk SEA Games dan Asean Games. Ini sulit karena kita membina pemain dibawah 18 tahun. Jadi saat membina harus atlet yang berusia 16 dan 17 tahun," ulasnya.

Rita juga mengatakan, atlet Indonesia diharapkan bisa menembus standar kualifikasi Youth Olimpic yang akan digelar juga di Nanjing tahun depan. "Semoga ada atlet yang bisa memenuhi kualifikasi Olimpiade Muda, jadi bisa tampil lagi di Nanjing tahun depan," tuturnya.

Indonesia dikatakannya bakal berharap kepada cabang bulutangkis, atletik, taekwondo, angkat besi, renang, loncat indah dan judo. Total, Indonesia mengikuti 14 cabang. "Kekuatan tetap ada di Cina, Jepang, Korea Selatan. Ada pula Kazakhstan dan Cina Taipei. Semoga kita masih bisa berbicara," katanya.