Sukses

FIFA Umumkan Grup Piala Konfederasi 2013

Delapan negara dari lima benua sudah disipakan FIFA untuk mengikuti Piala Konfederasi 2013 yang akan diselenggarakan sebagai ajang uji coba sebelum kompetisi Piala Dunia dimulai setahun berikutnya.

Badan Sepakbola Dunia (FIFA) resmi mengundi delapan negara kontestan Piala Konfederasi yang digelar pada Juni 2013. Dalam pengundian peserta di Sao Paulo, Brasil, Ahad (2/12) dinihari WIB, didapatkan hasil yang terbilang menarik. Brasil berada satu grup dengan Italia di Grup A.

Laga Brasil lawan Italia diprediksi akan berjalan seru. Keduanya diketahui sebagai peraih gelar Piala Dunia terbanyak sejauh ini. Hingga kini Brasil sebagai negara tersukses karena sudah mengumpulkan lima tropi Piala Dunia. Sementara Italia menempel ketat dengan raihan empat.

Selain Brasil dan Italia, grup A diisi Meksiko dan Jepang. Meksiko diketahui sebagai jawara Piala Concacaf 2011, sedangkan Jepang adalah juara Piala Asia 2011. Adapun Italia dapat tergabung ke dalam Piala Konfederasi karena status mereka adalah runner-up dari Piala Eropa 2012.

Di grup B, Spanyol yang menyandang juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 akan berhadapan dengan Uruguay yang berstatus sebagai juara Piala Conmebol 2011 (Amerika Latin). Dua negara lainnya diisi Tahiti selaku juara Piala Oseania 2012 dan satu negara yang bakal keluar sebagai juara Piala Afrika 2013.

Piala Konfederasi bertujuan sebagai ajang pemanasan negara-negara sebelum menjalani Piala Dunia 2014 yang akan diseleggarakan di Brasil. Meski hanya pemanasan, ajang ini tetap akan berjalan seru mengingat banyak pemain-pemain bintang yang siap unjuk gigi demi mengarumkan nama negaranya.(Goal/BEP/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.