Sukses

Podium MotoGP Qatar, Manajer Yamaha: Terima Kasih, Rossi

Rossi merebut podium MotoGP Qatar saat motor Yamaha tak dalam kondisi ideal.

Liputan6.com, Losail - Sukses Valentino Rossi merebut podium MotoGP Qatar 2018 di Sirkuit Losail terbilang mengejutkan. Pasalnya, Yamaha belum menemukan solusi permasalahan hingga jelang balapan.

Bahkan, saat menjalani kualifikasi MotoGP Qatar, Rossi gagal meraih hasil maksimal. Pembalap Movistar Yamaha itu harus memulai balapan dari urutan delapan setelah terpaut 0,709 detik dari Johann Zarco yang merebut pole position.

Namun, The Doctor menjalani balapan yang bagus. Meski sempat bersaing dengan tiga sampai empat pembalap, ia mampu mengamankan posisi terakhir podium. Catatan waktunya terpaut 0,797 detik dari pembalap Ducati, Andrea Dovizioso yang merebut gelar.

Manajer tim Yamaha, Maio Meregalli menyebut podium ketiga MotoGP Qatar sebagai buah dari kerja keras Rossi. Namun, ia juga tak melupakan jasa para kru yang melakukan perbaikan jelang balapan.

"Podium adalah 60 persen berkat Rossi dan 40 persen berkat perbaikan yang dilakukan dalam pemanasan. Valentino memiliki awal yang fantastis, yang sangat penting untuk menjamin posisi ketiga," ujar Meregalli, dilansir Tuttomotoriweb.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyelamat Yamaha

Bisa dibilang, Rossi menjadi penyelamat Yamaha pada seri perdana tersebut. Pasalnya, para pembalap andalan lain tampil di bawah ekspektasi. Rekan setim Rossi, Maverick Vinales, memang menunjukkan perjuangan hebat hingga enam.

Lalu, Zarco yang memimpin sebagian besar balapan harus merosot pada lima putaran terakhir. Pembalap Yamaha Tech 3 itu pun harus puas dengan tempat delapan di akhir balapan. Tak heran jika Meregalli terus melayangkan pujian kepada Rossi yang berusia 39 tahun itu.

"Ia melakukan pekerjaan yang bagus, bertahan di barisan depan, dan kecepatannya begitu tinggi. Sedangkan Maverick memiliki tugas sulit setelah memulai dari baris keempat. Tapi ia mencatat 1,55 yang memungkinkannya masuk ke barisan depan. Performa kedua pembalap sangat memotivasi kami. Saya ucapkan terima kasih kepada mereka, kru, dan mekanik atas kerja kerasnya," Meregalli menegaskan.

 

3 dari 3 halaman

Rapor Rossi di Semua Kelas

125cc

Balapan: 30

Menang: 12

Podium: 15

Pole: 5

Fastest lap: 9

Poin: 432

 

250cc

Balapan: 30

Menang: 14

Podium: 21

Pole: 5

Fastest lap: 11

Poin: 510

 

MotoGP

Balapan: 306

Menang: 89

Podium: 192

Pole: 54

Fastest lap: 75

Poin: 4.949

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.