Sukses

Suporter MU Jawab Sindiran Mourinho

Tak hanya MU, sepinya stadion juga terjadi di beberapa klub Liga Inggris.

Liputan6.com, Manchester - Jose Mourinho sempat menyindir sikap para pendukung Manchester United (MU) yang tak memenuhi tribun Old Trafford. Kritikan itu dilontarkan Mourinho usai melawan Huddersfield Town pada pekan ke-26 Liga Inggris 2017/2018, 3 Februari 2018.

Saat itu, MU memang menang 2-0 berkat gol Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez. Namun, Mourinho tak menyukai atmosfer yang tercipta di Old Trafford. Bahkan, The Special One menyebut markas Portsmouth, Fratton Park jauh lebih ramai dibandingkan Old Trafford.

"Old Trafford adalah stadion yang sepi, bukan seperti kandang Portsmouth. Saya ingat Portsmouth saat saya datang ke Liga Inggris, itu adalah stadion yang kecil, tapi punya atmosfer luar biasa. Di sini (Old Trafford), suasananya agak sepi, tak terlalu antusias," ujar Mourinho saat itu.

Agar hal itu tak terulang, kelompok suporter yang tergabung dalam Manchester United Supporters Trust (MUST) menjalin kerja sama dengan klub untuk mendapatkan solusi atas masalah tersebut. Dan terobosan mereka diterapkan saat melawan Brighton & Hove Albion pada perempat final Piala FA, Sabtu (17/3/2018).

Terobosan itu terbukti menciptakan atmosfer luar biasa di Old Trafford. Bahkan, beberapa suporter mengklaim bahwa ini adalah atmosfer terbaik yang pernah ada di Old Trafford di laga MU, selama bertahun-tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solusi Suporter

"Manajer telah kritis terhadap miskinnya dukungan di beberapa laga musim ini dan beberapa kritik telah dibenarkan. Tapi, melawan Brighton, kami menunjukkan apa yang mampu kami lakukan, apa yang bisa dilakukan jika kami membantu memfasilitasi suporter vokal bersama-sama," ujar Ketua MUST, Ian Stirling, dilansir Manchester Evening News.

Dukungan yang diberikan saat melawan Brighton memang cukup luar biasa. Apalagi, itu adalah laga di mana Setan Merah baru meraih hasil mengecewakan pada tiga hari sebelumnya. Ya, MU baru didepak Sevilla di 16 besar Liga Champions usai kalah 1-2 di Old Trafford.

"Ini bukan laga yang menarik, tak ada rasa tidak hormat pada lawan, dan ini merupakan momen mengecewakan dari laga melawan Sevilla. Ini adalah salah satu atmosfer terbaik yang pernah kita miliki di Old Trafford," Stirling menjelaskan.

 

3 dari 3 halaman

Ikut Prihatin

Stirling dan rekan-rekannya memang mengambil insiatif untuk berbicara dengan para petinggi MU untuk membahas masalah tersebut. Mereka ikut khawatir dengan permasalahan MU yang sulit membuat Old Trafford kembali penuh sesak.

"Kami tahu klub mendapatkan situasi yang sulit dengan stadion yang tak penuh. Kami mendapatkan cara terbaik untuk mengatasinya. Masalah atmosfer tidak hanya di Old Trafford, ini adalah masalah di Liga Inggris. Tapi kami telah menunjukkan ada keinginan untuk memperbaikinya," tutup Stirling.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU